Tuesday, July 1, 2014

8 Tips Untuk Mengontrol Dan Mengatur Gestational Diabetes

Gestational diabetes atau diabetes pada saat kehamilan adalah sudah cukup umum bagi ibu hamil dan bisa sembuh setelah melahirkan. Tetapi masalah justru terjadi setelah pasca melahirkan, karena sang ibu sangat beresiko untuk menderita diabetes tipe 2.

 

Jika anda sedang berada pada masa kehamilan, pemilihan makanan yang tepat sangat penting untuk anda. Anda dapat mengontrol gestational diabetes dengan berolahraga secara teratur dan makan dengan baik. Jika Anda mengikuti diet yang direkomendasikan anda tidak memerlukan obat khusus lagi.

Gestational diabetes adalah sebuah kondisi pada ibu hamil dimana tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin. Insulin adalah hormon penting yang diperlukan untuk mengontrol jumlah gula dalam darah kita dan mengubahnya menjadi energi. Hormon-hormon kehamilan dalam tubuh dapat mengurangi efek dari insulin. Akibatnya, kadar gula darah meningkat menyebabkan gestational diabetes . Hal ini juga dapat menyebabkan masalah bagi bayi dan ibu. Anda dapat dengan mudah mengontrol kadar gula darah Anda dengan mengubah apa yang Anda makan.

Rencana Diet untuk Gestational Diabetes

Sumber Karbohidrat pada pola makan:

Sekarang untuk makanan, Anda harus menyertakan dalam diet Anda untuk menghindari Gestational Diabetes. Ada dua jenis karbohidrat: karbohidrat sederhana atau karbohidrat buruk dan karbohidrat baik atau juga disebut karbohidrat kompleks. Hal ini asupan karbohidrat yang baik sangat penting bagi Anda jika  memiliki gestasional diabetes. Karbohidrat yang baik diyakini merupakan sumber dari setengah energi dalam makanan kita. Makanan yang mengandung karbohidrat yang baik adalah:
1. roti gandum
2. beras
3. biji-bijian 
4. pasta
5. kentang

Namun sebaiknya anda menggunakan varietas gandum sebagai asupan karbohidrat sebisa mungkin. Makanan yang terbuat dari gandum menyediakan serat tambahan yang memainkan peran yang sangat penting dalam proses pencernaan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa makanan apa pun yang Anda makan, itu harus rendah lemak jenuh dan tinggi karbohidrat baik atau karbohidrat kompleks. Yang terbaik adalah jika anda ikut mencampurkan susu, buah dan yogurt di dalamnya.

Tipe lain dari makanan yang Anda butuhkan untuk dimasukkan dalam menu diet Anda adalah makanan rendah GI. Makanan rendah GI (Glyceamix Index)  adalah penting karena sangat lambat dalam melepaskan glukosa dalam aliran darah Anda. Ini membantu banyak dalam mengendalikan dan mengatur gestational diabetes anda. Makanan-makanan tersebut juga kaya serat, yang sangat penting untuk diet sehat.

Berikut adalah daftar dari beberapa yang sangat umum makanan rendah GI:
  • Jagung Manis
  • Kacang-kacangan
  • Kacang lentil
  • Buah Persik
  • Apel
  • Pir
  • Jeruk
  • Bubur
  • Pasta yang terbuat dari tepung gandum durum
Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan GI yang cukup tinggi. Anda perlu menghindari makanan tersebut, karena ini dapat meningkatkan tingkat gula dalam aliran darah dengan melepaskan glukosa sangat cepat.

Beberapa makanan yang mengandung Glyceamix Index yang tinggi adalah sebagai berikut:

  • keping jagung
  • roti
  • kentang panggang
  • nasi putih

Sumber makanan tinggi serat pada pola makan:

Anda juga disarankan untuk makan makanan tinggi serat. Makanan ini biasanya memiliki GI rendah. Buah-buahan dan sayuran segar sangat penting dalam konteks ini. Anda harus mengkonsumsi setidaknya lima porsi buah-buahan segar dan sayuran setiap hari.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda dalam mengkonsumsi jumlah yang tepat dari makanan tinggi serat:
  1. Cobalah makan sereal dan bubur dengan tambahan buah-buahan untuk sarapan.
  2. Saat makan siang, tambahkan salad sayuran segar untuk makan atau makan sandwich sayuran wholegrain.
  3. Makanlah setidaknya dua sayuran dengan makanan utama Anda.
  4. Untuk hari-waktu ngemil atau malam mengidam kelaparan, cobalah makan buah-buahan segar daripada kue atau biskuit.
  5. Makanlah setidaknya dua sayuran dengan makanan utama Anda.
  6. Sebagai camilan, cobalah makan buah-buahan segar daripada kue atau biskuit.

Tips untuk Mengontrol Dan mengatur Gestational Diabetes :

Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk mengontrol gestational diabetes :
  1. Coba gunakan lemak tak jenuh seperti minyak bunga matahari atau minyak zaitun untuk masakan.
  2. Jangan menggoreng; coba untuk memanggang makanan Anda.
  3. Hindari susu coklat.
  4. Snack atau camilan dari biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya akan lemak tak jenuh.
  5. Jangan melewatkan waktu makan Anda.
  6. Menyeimbangkan makanan pada interval teratur setiap hari. Dalam semua makanan, jumlah makanan harus sama. Gunakan tiga kali sehari dengan porsi kecil/ sedang untuk ukuran makanan sehari-hari.
  7. Gunakan air putih biasa untuk mengambil sari buah atau membuat jus.
  8. Hindari makan minuman bersoda, permen dan hidangan penutup.
Penting Juga, sebaiknya Anda menghindari berdiam untuk jangka waktu yang lama, seperti menonton TV selama berjam-jam atau duduk di kursi sofa Anda dll. Cobalah mengambil jalan singkat setelah setiap 1 atau 2 jam. Berenang, bersepeda dan berjalan-jalan adalah latihan yang baik untuk mengontrol gestational diabetes.

0 comments:

Post a Comment