Monday, June 30, 2014

9 Tanaman Obat Alami untuk Diabetes

Banyak sekali obat alami diabetes yang sebenarnya berada di sekitar kita. Orang lebih memilih obat tradisional umumnya karena bebas efek samping. Berikut adalah beberapa dari tanaman obat alami untuk menjaga fluktuasi kadar gula anda.

1. Pare

Pare atau Labu pahit adalah satu di antara tanaman obat diabetes paling efektif untuk mencegah fluktuasi kadar gula. Labu ini kaya zat besi dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Ini mempengaruhi metabolisme  glukosa dalam tubuh dan membantu merangsang sekresi insulin pada pankreas. Pare sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Minum segelas jus pare, setiap pagi untuk menjaga tubuh anda sehat dari diabetes.

2. Biji Kelabet

Biji kelabet adalah sumber serat dan nutrisi lain, serta semua yang memiliki potensi untuk meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan kadar gula darah. Rendam 1 sendok teh biji kelabet dalam air panas semalam, dan mengkonsumsi keesokan harinya dengan perut kosong untuk hasil terbaik. Anda juga dapat menelan beberapa buah kelabet dengan susu setiap hari. Ikuti ini selama beberapa hari untuk merangsang sekresi glukosa yang tergantung insulin.

3. Buah Kemloko atau Malaka

Buah kemloko ini masih berkerabat dekat dengan buah ceremei. Buah yang kaya akan vitamin C ini cukup ampuh untuk menjaga kadar gula anda. Buang biji dan tumbuk hingga halus. Kemudian ambil dua sendok makan sari hasil tumbukan tersebut dan campur dengan satu cangkir air dan minum pada waktu perut kosong untuk mengatur kadar gula Anda.

4. Daun Mangga

Studi terbaru menunjukkan bahwa daun mangga yang lunak memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah saat mengatur kadar insulin dalam tubuh. Keringkan daun tanaman dan menggilingnya menjadi bentuk bubuk. Minum ½ sendok teh bubuk ini dengan air hangat setiap pagi pada waktu perut kosong untuk mengekang kadar gula meningkat.

5. Daun Kari

Mengkonsumsi daun ini dalam jumlah yang banyak juga dapat membantu penderita diabetes. Mengunyah 10 sampai 12 daun segar yang sudah dibersihkan setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Daun ini dikenal untuk menurunkan tingkat kerusakan amilum, sehingga membantu dalam menjaga gula darah pada tingkat normal. Hal ini juga menurunkan kolesterol dan membantu dalam menurunkan berat badan.

6. Lidah Buaya

Jus lidah buaya dapat membantu mengontrol dan mengatur kadar gula pada penderita diabetes. Siapkan ramuan dengan mencampurkan dua sendok teh bubuk daun salam, satu sendok teh bubuk kunyit, dan satu sendok teh lidah buaya getah. Minum ini dua kali setiap hari. Kaya pitosterol, lidah buaya menunjukkan efek anti-hiperglikemia pada mereka yang menderita diabetes tipe 2.

7. Kayu Manis

Bubuk kayu manis dapat menurunkan kadar gula cukup dengan merangsang aktivitas insulin dalam tubuh. Ini berisi bio-bahan aktif yang membantu mencegah dan memerangi diabetes! Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke secangkir susu dan minum setiap pagi. Atau, hanya menelan sejumput bubuk kayu manis dengan air setiap hari.

8. Jambu Biji

Studi menunjukkan bahwa jambu biji kaya akan vitamin C dan serat, yang membantu dalam menjaga kadar gula darah normal. Hanya mengupas kulit dan mengkonsumsi satu buah setiap hari anda akan mendapatkan manfaatnya.

9. Prem Hitam

Buah Prem Hitam kaya sifat anti-diabetes. Prem Hitam mengandung tanin terhidrolisa, anthocyanin, dan asam ellagic - yang semuanya dikenal untuk menurunkan kadar gula darah dan gula urin. Keringkan dan buat bubuk buah prem dan mengkonsumsi satu sendok teh setiap hari.

Tidak ada obat yang permanen untuk diabetes. Satu-satunya cara adalah dengan mengikuti gaya hidup sehat.Jika anda mengetahui tanaman lain yang dapat mengobati diabetes,anda bisa menuliskan pada kolom komentar.

0 comments:

Post a Comment