Wednesday, July 8, 2015

Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyebab utama kematian tertinggi di dunia. Diabetes turut serta berkontribusi untuk berkembang ke kondisi mematikan seperti pada penyakit jantung dan penyakit ginjal stadium akhir. Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mereka yang menderita diabetes tipe 1 dan 2 mengontrol gula darah mereka, dan membantu mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2. Ada sejumlah manfaat okra bagi penderita diabetes yang memasukkannya dalam menu diet makan mereka.

Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

Okra atau bendi atau sering juga dikenal sebagai kacang lendir merupakan tumbuhan yang sebenarnya dari suku Malvaceae atau kelompok tumbuhan dikotil yang konon katanya berasal dari Ethiopia. Namun, saat ini okra sudah banyak dijumpai di negara-negara tropis. Okra memiliki banyak khasiat dalam kesehatan terutama untuk penderita diabetes. Berikut adalah manfaat okra untuk penderita diabetes.

Okra menstabilkan gula darah


Indeks glikemik  adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan berubah menjadi gula dalam darah anda. Secara teratur mengkonsumsi makanan berindeks glikemik rendah seperti okra dapat membantu mengatasi lonjakan kadar gula darah dan membantu mengontrol berat badan. Okra memiliki indeks glikemik di bawah 20, yang dianggap sebagai makanan indeks glikemik rendah.

Okra menurunkan resiko penyakit ginjal


Hampir setengah dari semua kasus penyakit ginjal adalah akibat dari diabetes. Menjaga gula darah anda dalam rentang yang sehat, mengobati tekanan darah tinggi dan menjaga berat badan normal dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Selain itu, secara teratur mengkonsumsi okra dapat mencegah dari penyakit ginjal, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di bulan Oktober 2005 "Jilin Medical Journal." Hasil dari penelitian tersebut, penderita diabetes yang mengkonsumsi okra setiap hari mengurangi tanda-tanda klinis kerusakan ginjal lebih besar daripada penderita diabetes yang hanya diet diabetes biasa.

Okra menurunkan kadar gula darah


Hampir 50 persen dari serat yang ditemukan dalam okra adalah dalam bentuk serat larut. Jenis serat yang memperlambat pencernaan, menunda dan mengurangi dampak makanan kaya karbohidrat pada gula darah. Mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat larut per hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi. Serat larut juga dapat mengontrol nafsu makan anda,sehingga menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

Okra membantu menurunkan resiko penyakit jantung


Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak. Penderita diabetes yang secara teratur mengkonsumsi sayuran pada umumnya, termasuk okra, mengurangi risiko penyakit jantung mereka, berdasarkan hasil penelitian pada April 2008 "Journal of Nutrition." Dalam penelitian ini, penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi sayuran memiliki risiko penyakit jantung 10 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi sayuran.

Demikian artikel kami tentang manfaat khasiat okra untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment