Wednesday, October 21, 2015

Cuka Sari Apel dan Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang mempengaruhi bagaimana tubuh anda dalam mengontrol gula (glukosa) dalam darah Anda. Obat, diet, dan olahraga adalah perawatan diabetes standar. Namun beberapa penelitan telah menemukan fakta bahwa beberapa cara alami bisa mengatasi diabetes.

manfaat cuka sari apel pada diabetes melitus kencing manis


Pada tahun 2014, lebih dari 9 juta orang Indonesia menderita diabetes tipe 2, menurut data International Diabetes Federation.  Dan saat ini cuka sari apel mulai diminati penderita diabetes karena dianggap berpotensi sebagai pengobatan alami diabetes. Namun benarkah ada manfaat cuka sari apel untuk penderita diabetes?

Penelitan tentang cuka sari apel dan diabetes

Menurut Dr. Maria Pena, direktur Pusat Pengelolaan Berat Bedan di North Shore-LIJ di Syosset, New York sejumlah penelitian atau studi telah menemukan ada hubungan antara cuka sari apel dan manajemen gula darah. Cuka sari apel membantu menurunkan kadar LDL dan A1C. Namun itu hanyalah studi kecil bahkan hanya dilakukan pada tikus bukan manusia.

Sementara satu studi menggunakan manusia dari Arizona State University menemukan fakta bahwa mengkonsumsi 20 gram cuka sari apel diencerkan dalam 40 gram air, dengan 1 sendok teh sakarin, bisa menurunkan gula darah setelah makan. Studi lain menemukan fakta bahwa mengambil cuka sari apel sebelum tidur membantu gula darah normal setelah bangun. Namun ini hanya studi kecil yang dilakukan pada 19 dan 11 peserta.

Dengan studi kecil masih sulit untuk memastikan manfaat sebenarnya dari cuka sari apel untuk diabetes. Studi lain malah menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa memperburuk kontrol glikemik diabetes tipe 1.

Bagaimana aturan penggunaan cuka sari apel

Jika anda masih ingin mencoba mendapatkan manfaat dari cuka sari apel untuk diabetes, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Menurut Michael Dansinger, MD, direktur program pembinaan gaya hidup diabetes dari Tufts University, cuka sari apel tidak boleh diminum langsung, ini sangat asam dan membahayakan enamel gigi dan kerongkongan Anda. Encerkan 1 sampai 2 sendok makan dalam segelas air putih biasa (bukan panas). Minum 1 atau 2 kali sehari.Hindari cuka sari apel jika anda menderita gangguan ginjal.

Pertimbangan

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan cuka sari apel sebagai alternatif pengobatan diabetes. Bagaimanapun ini sangat asam, bahkan ketika sudah diencerkan dengan air. Ini bisa memberikan beban pada ginjal dan tulang. Sebaiknya penderita diabetes lebih fokus pada diet rendah karbohidrat, konsumsi makanan berserat tinggi dan olahraga. Penderita gastroparesis, masalah umum pada penderita diabetes yang memperlambat pengosongan perut, juga harus hati-hati. Penelitian awal menunjukkan cuka sari apel dapat membuat kondisi ini lebih buruk.

Berikut adalah artikel tentang cuka sari apel dan diabetes, semoga bermanfaat.

1 comments: