Sunday, March 27, 2016

Apakah penderita diabetes boleh makan anggur?

Pada zaman dahulu penderita diabetes disarankan untuk menjauhi buah karena adanya kandungan gula pada buah-buahan. Namun, sebaliknya diet diabetes modern justru menyarankan buah sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang, meskipun beberapa buah harus dikonsumsi secara ekstra waspada karena tingginya kadar gula pada buah tersebut. Anggur adalah salah satu buah manis yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.



Penderita diabetes diharuskan mengontrol secara ketat gula darah secara ketat dan menghindari makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan komplikasi diabetes. Jadi, apakah penderita diabetes boleh makan anggur?

Diet diabetes

Diet diabetes harus fokus pada pengendalian gejala diabetes serta mencegah komplikasi penyakit lainnya. Bagi sebagian besar penderita diabetes, hal ini berarti mengkonsumsi makan tinggi serat namun rendah lemak, terutama lemak jenuh. Lemak jenuh dapat berkontribusi pada plak arteri, komplikasi yang umum bagi penderita diabetes. Penderita diabetes harus membatasi karbohidrat, terutama makanan manis yang meningkatkan gula darah. Makan karbohidrat secukupnya dan diimbangi dengan makanan yang mengandung protein adalah cara yang baik untuk menjaga gula darah tetap terkontrol. Secara umum, makan 10 buah anggur ukuran sedang aman bagi kebanyakan penderita diabetes terutama bagi anda yang sudah terbiasa memanajemen kadar gula darah anda.

Karbohidrat buah anggur


Untuk penderita diabetes, mengonsumsi makanan dengan banyak karbohidrat dapat membuat gula darah melonjak. Untungnya, serat, protein dan lemak dapat mengurangi respon ini. Dalam suatu  metode diet diabetes, batas karbohidrat yang dikonsumsi pada penderita diabetes setiap makan untuk jumlah tertentu berdasarkan respon gula darahnya sendiri yang berbeda pada tiap orang dan mungkin obat yang dikonsumsi juga berpengaruh. Menurut American Diabetes Association, sebagian besar penderita diabetes bisa mulai dengan sekitar 45 sampai 60 gram karbohidrat setiap makan dan menyesuaikan diperlukan. Pada 10 buah anggur, ada sekitar 8,8 gram karbohidrat. Sekitar 0,4 gram adalah serat dan 7,6 gram terdiri dari gula.

Indeks glikemik buah anggur


Beberapa penderita diabetes menggunakan indeks glikemik untuk memutuskan apa yang harus mereka makan. Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat dan tinggi gula darah meningkat dalam merespon makanan yang mengandung karbohidrat tertentu. Beban glikemik memperhitungkan berapa banyak karbohidrat dalam porsi masing-masing makanan serta indeks glikemik makanan itu. Indeks glikemik anggur masuk kategori medium dan memiliki beban glikemik rendah untuk porsi 10 buah anggur. Hal ini juga karena air dan serat dalam satu porsi anggur memodulasi respons glukosa darah.

Bolehkah Penderita diabetes makan buah anggur?


Sebaiknya coba makan 1 atau 2 buah anggur terlebih dahulu sebagai pengganti menu buah yang biasa anda makan kemudian lakukan pengecekan gula darah sendiri 2 jam kemudian. Jika tidak banyak berpengaruh, di lain waktu anda bisa menambahkan porsi secara bertahap. Jangan konsumsi ketika gula darah anda sedang tinggi dan jangan konsumsi lebih dari 10 buah anggur ukuran sedang.

Pertimbangan

Sebuah komponen dalam buah anggur merah dapat membantu melawan diabetes. Resveratrol, sebuah fitokimia yang ditemukan dalam kulit anggur merah, memodulasi respon gula darah dengan memberikan efek positif pada  tubuh dalam mengeluarkan dan menggunakan insulin pada model hewan, menurut sebuah ulasan pada bulan Juni 2010 berjudul  "European Journal of Pharmacology." Resveratrol mungkin juga berdampak pada berat badan, mengurangi obesitas yang dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Sementara penelitian lebih lanjut pada manusia masih dibutuhkan. manfaat potensial buah anggur dan kandungan nutrisi sehatnya bisa dijadikan salah satu opsi dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

0 comments:

Post a Comment