Saturday, March 19, 2016

Apakah penderita diabetes boleh makan melon?

Melon merupakan buah lezat manis yang biasa untuk buah meja. Buah melon ini mengandung karbohidrat. Nilai indeks glikemik melon pun rata-rata 65 tergolong sedang. Lantas, apakah makan buah melon menaikkan gula darah?

Karbohidrat dalam melon, dapat mempengaruhi kadar gula darah anda. Sudah seperti aturan umum, setiap makanan atau minuman yang mengandung lebih dari 5 gram karbohidrat per porsi akan mempengaruhi gula darah anda. Satu cangkir melon mengandung sekitar 15 gram karbohidrat. Melon mengandung dua jenis karbohidrat yaitu gula dan serat, tapi tidak ada pati. Jadi, bolehkah penderita diabetes makan melon? 

apakah penderita diabetes boleh makan melon
sumber gambar: Asio otus-Wikipedia

Fakta nutrisi buah melon

Melon merupakan sumber potasium yang baik, juga menyediakan vitamin A dan C. Satu cangkir buah melon mengandung 15,45 gram total karbohidrat. Satu cangkir melon mengandung sekitar 14 gram gula dan 1,4 gram serat. Gula dan pati karbohidrat keduanya meningkatkan kadar glukosa darah Anda, tetapi serat tidak.

Gula darah dan Karbohidrat

Selama pencernaan, gula dan pati diubah menjadi glukosa, yang memasuki aliran darah anda, menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah anda. Serat tidak dapat dipecah menjadi glukosa. Sebaliknya, melewati tubuh Anda tanpa dicerna. Ketika tubuh anda mencerna buah melon yang anda makan, semua gula baik sukrosa dan fruktosa dipecah menjadi molekul individu glukosa, bentuk sederhana dari gula. Setelah anda mengkonsumsi melon, bahan makanan membuat jalan ke perut anda untuk pencernaan. Selama proses pencernaan, karbohidrat gula dalam melon dipecah menjadi glukosa. Molekul glukosa melalui lapisan usus kecil dan memasuki aliran darah Anda, menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Efek buah melon pada Gula Darah


Meskipun melon menyediakan nutrisi penting, namun buah melon akan meningkatkan kadar glukosa darah anda dibandingkan buah rendah karbohidrat lainnya. The American Diabetes Association melaporkan bahwa melon termasuk ke dalam kategori indeks glikemik sedang, namun meski begitu nilai beban glikemik per 100 gram melon tergolong rendah.

Asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh Anda. Karbohidrat memasok glukosa pada tubuh, dimana sel-sel anda membutuhkannya untuk berfungsi dengan baik. Sekitar 45 sampai 65 persen dari total asupan kalori harian anda harus berasal dari karbohidrat. Ini berarti bahwa berdasarkan diet 2.000 kalori, anda harus mengkonsumsi kurang dari 200 gram(wanita) dan 300 gram (pria) karbohidrat harian. Buah merupakan bagian penting dari diet yang sehat dan seimbang.

Bolehkah  diabetes boleh makan melon

Penderita diabetes boleh makan  buah melon asal terkontrol. Sebaiknya pilihlah buah melon yang belum benar-benar matang dan konsumsi kurang dari 1 cangkir buah melon saja per hari agar tidak banyak berdampak pada gula darah. Setengah cangkir buah melon mengandung vitamin C  30% dan vitamin A 1% nilai harian. Sebaiknya anda makan langsung daripada dalam bentuk jus. Konsultasikan dahulu pada dokter mengenai porsi buah melon yang dianjurkan khusus untuk anda.

0 comments:

Post a Comment