Friday, September 16, 2016

Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Penderita Diabetes

Air kelapa merupakan minuman yang populer di dunia dan dianggap menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh. Air kelapa telah menjadi pilihan minuman di banyak negara tropis, termasuk Indonesia. Pada zaman dahulu air kelapa digunakan sebagai cairan infus darurat untuk tentara dalam Perang Dunia 2, bahkan praktik ini masih berlanjut hingga hari ini di berbagai daerah miskin di dunia. Dan hal tersebut merupakan bukti kecil bahwa air kelapa bagus untuk kesehatan.

manfaat minum air kelapa muda (degan) untuk penderita diabetes
Credit : Iaminfo at wikipedia

Apakah air kelapa baik untuk penderita diabetes?


Air kelapa merupakan pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ini rendah kalori dan gula yang tentu saja membuat anda menyukainya. Selain itu, air kelapa juga mengandung kalium, mineral penting, dan asam lemak esensial yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh terutama penderita diabetes. Minum air kelapa juga membantu dalam mencegah batu ginjal karena kandungan kaliumnya. Dalam satu cangkir air kelapa mengandung 46 kalori, 0,48 gram lemak, 3 gram serat makanan, 6 gram gula, dan 2 gram protein.

Air kelapa diketahui memiliki sitokinin, yang mengandung sifat antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, penyakit kardiovaskular, dan mencegah risiko diabetes tipe 2. Minuman lezat ini juga membantu meringankan diare, yang sering digunakan di daerah tropis.

Obesitas sudah menjadi hal umum pada penderita diabetes, air kelapa dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Air manis membantu mengurangi rasa lapar, non kolesterol, dan kadar gula rendah yang dapat digunakan sebagai pengganti softdrink.

Bolehkah mengkonsumsi daging buah kelapa?

Secangkir air kelapa memang mengandung kadar gula yang rendah dan boleh diminum penderita diabetes asal tidak berlebihan, namun anda sebaiknya tidak mengkonsumsi daging buah kelapa. Daging buah kelapa tinggi lemak dan gula yang dapat dengan mudah mengakibatkan lonjakan pada kadar gula darah anda. Daging buah ini umumnya dikonsumsi pada kelapa hijau (muda/degan) dimana biasa dimakan sambil minum air kelapa.

Air kelapa merupakan minuman alami yang akan mengisi tubuh seperti halnya air dan minuman energi lainnya. Namun perlu diketahui bahwa apa pun yang berlebihan merugikan kesehatan Anda. Jadi minum air kelapa satu atau dua cangkir saja dalam 1 hari dan tentu saja jangan ditambah sirup atau gula.

0 comments:

Post a Comment