Friday, October 2, 2015

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang?

Buah pisang merupakan sumber serat, kalium, dan vitamin C. Ketiga nutrisi tersebut bagus untuk penderita diabetes. Tetapi anda juga harus tahu bahwa pisang mengandung karbohidrat. Bahkan, hampir semua buah mengandung karbohidrat, sehingga anda perlu mengatur berapa jumlah porsi pisang yang boleh dikonsumsi.

pisang dan diabetes

Pisang dan diabetes


Jika Anda menderita diabetes, memperhatikan jumlah dan jenis karbohidrat yang anda makan merupakan hal yang cukup penting. Hormon insulin membantu tubuh memecah karbohidrat dan diubah menjadi glukosa, yang memberi Anda energi dan bahan bakar sel Anda untuk bekerja. Penderita diabetes, bagaimanapun, memiliki masalah dengan insulin dan mereka dapat memiliki tingkat yang sangat tinggi glukosa beredar di seluruh tubuh. Hampir semua buah-buahan mengandung jumlah tinggi karbohidrat, jadi makan terlalu banyak membuat tubuh penderita diabetes kewalahan menangani kadar glukosa. Namun, karbohidrat adalah nutrisi penting yang anda perlukan. Idealnya, penderita diabetes jangan mengkonsumsi pisang secara berlebihan, terutama pisang masak. Memperhitungkan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi merupakan hal penting untuk menghindari lonjakan gula darah.

Manfaat buah pisang untuk diabetes


Manfaat kesehatan buah pisang untuk penderita diabetes sangat banyak. Buah Pisang yang enak dan disukai banyak orang merupakan buah yang rendah kalori, namun tinggi serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kalium untuk mengkontrol tekanan darah. Vitamin B6 untuk meningkatkan mood. Serat membuat anda kenyang dan puas.

Pisang pada diet penderita diabetes


Makan pisang dengan porsi yang terkontrol adalah aman untuk penderita diabetes. Namun, perlu anda ketahui ada perbedaan pada pisang yang masak. Para peneliti melaporkan dalam edisi Oktober 1992 "Diabetic Medicine" menemukan bahwa peserta studi yang makan pisang masak memiliki respon glikemik cukup tinggi, yang berarti kadar gula darah naik drastis, menuntut penggunaan lebih banyak insulin. Sementara, peserta studi yang makan pisang yang belum benar-benar masak memiliki respon glikemik rendah. Para peneliti mengatakan hingga 90 persen dari karbohidrat dalam pisang belum matang berasal dari pati, tetapi ketika matang karbohidrat sebagian besar merupakan gula bebas. Oleh karena itu, pisang, terutama yang belum benar-benar masak disarankan untuk penderita diabetes.

2 comments: