Thursday, May 28, 2015

Hubungan Antara Diabetes dan Katarak

Mengenal apa itu katarak?


Penglihatan berlangsung setelah sinar cahaya masuk mata kita melalui pupil dan fokus pada retina, yang merupakan jaringan yang dibentuk oleh sel-sel peka cahaya di belakang mata. Stimulasi retina memerlukan partisipasi dari kornea dan struktur seperti cakram, yang disebut lensa kristal. Biasanya, lensa alami ini memiliki penampilan yang jelas dan transparan yang berfungsi untuk membantu cahaya fokus pada retina untuk membuat gambar yang tajam dari objek kita yang kita lihat. Katarak merujuk ke daerah buram atau keruh terbentuk pada lensa alami mata yang mencegah cahaya dalam mencapai sel-sel retina, menyebabkan hilangnya sebagian atau total penglihatan.
Hubungan Antara Diabetes dan Katarak

Apa penyebab katarak?


Air dan protein sebagian besar menyusun lensa kristal, yang membuat transparansi mutlak dan fungsi optik pada sifat protein ini diatur dalam lapisan konsentris dan tidak adanya lengkap pembuluh darah. Seiring dengan bertambahnya usia, ada peningkatan lebih lapisan protein pada permukaan kristal, yang membuat lensa kristal mengeras dan kehilangan tampilan yang jelas. Katarak biasanya berkembang sebagai akibat dari penuaan, menyebabkan kehilangan penglihatan yang tajam dan juga mempengaruhi fungsi visual lainnya termasuk sensitivitas kontras dan persepsi warna, secara serius memengaruhi kualitas hidup Anda.


Jenis tipe katarak


Tergantung pada penyebab dan manajemen medis yang diresepkan untuk mengobatinya, katarak dapat diklasifikasikan dalam empat jenis, diantaranya senilis, kongenital, trauma, dan katarak sekunder.

Katarak Senilis
Ini adalah penyebab paling umum dari katarak. Seiring dengan bertambahnya usia, daerah pusat lensa kristal biasanya mengeras, yang mengakibatkan hilangnya transparansi lensa. Akibatnya, orang di atas usia 60, biasanya mengalami penurunan bertahap ketajaman visual pada kedua mata. Jika tidak diobati, kebutaan bisa terjadi. Hal ini tidak dianggap sebagai penyakit tetapi normal dan hasil tak terelakkan dari penuaan. Faktor risiko untuk pengembangan katarak diantaranya riwayat keluarga, paparan sinar matahari berkepanjangan (radiasi ultraviolet), merokok, dan diet makan yang buruk akan antioksidan. Jika penglihatan kabur akibat katarak membuat anda sulit untuk melakukan kegiatan normal Anda (seperti memasak, membaca, mengemudi, dll), maka operasi katarak harus dilakukan untuk mengembalikan penglihatan Anda.

Katarak Kongenital
Katarak yang didiagnosis saat lahir disebut kongenital dan mungkin tidak terdeteksi selama masa bayi. Jenis katarak ini sering diwariskan, meskipun juga dikaitkan dengan cacat lahir. Kadang-kadang, katarak kongenital tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasikan (katarak idiopatik), infeksi intrauterin dan beberapa gangguan metabolisme dapat menyebabkan katarak jenis ini.
Katarak kongenital cukup jarang terjadi, namun  3 dari 10 kasus kebutaan bayi disebabkan katarak kongenital. Hal ini dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Biasanya, perawatan bedah dianjurkan. Prognosis dan pemulihan penglihatan dengan operasi akan baik jika dikelola pada tahap awal, meskipun mata rutin check-up biasanya terus diperlukan sepanjang hidup pasien.

Katarak traumatik
Trauma okular adalah penyebab pertama katarak pada orang di bawah usia 60. Katarak ini berkembang setelah cedera mata, mengurangi penglihatan dengan cepat. Penetrasi cedera mata dapat menyebabkan keburaman lensa kristal dengan cepat , tapi kadang-kadang mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk berkembang.

Katarak Sekunder
Jenis katarak berkembang sebagai konsekuensi-atau dalam hubungan dengan- beberapa kondisi kronis sistemik atau berbagai penyakit mata. Pengobatan bedah, dan prognosis visual yang akan tergantung pada tingkat keparahan dan pengendalian penyakit sistemik. Diabetes tetap sebagai penyebab utama katarak sekunder.

Gejala dan Ciri Katarak


Katarak semakin mengurangi ketajaman visual pada satu atau kedua mata. Jangka waktu untuk kondisi ini terjadi bervariasi antar individu. Meskipun katarak berkembang secara perlahan dan tanpa rasa sakit, ada gejala yang dapat diamati sebelum atau setelah melihat masalah penglihatan. Berikut gejala katarak:
  • Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
  • Sulit melihat pada malam hari
  • Sensitif terhadap cahaya lampu yang terang, sehingga sulit untuk mengemudi di malam hari.
  • Terdapat lingkaran cahaya saat melihat lampu
  • Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat
  • Penglihatan ganda jika melihat dengan satu mata. Katarak dapat membuat Anda melihat gambar yang berbeda pada kedua mata.

Mengapa penderita diabetes lebih berpotensi mengembangkan katarak?


Penderita diabetes adalah 2 - 4 kali lebih berpotensi mengembangkan katarak daripada bukan penderita diabetes. Sekarang, bagaimana diabetes dapat menyebabkan pembentukan katarak? Jawaban atas pertanyaan ini terkait dengan kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Lensa kristal menjaga fungsi metabolisme dengan mengambil nutrisi (misalnya glukosa dan asam amino) dari akueous humor (cairan transparan yang mengisi ruang antara lensa dan kornea). Dalam kasus diabetes yang tidak terdiagnosis atau tidak terkendali, kadar glukosa dalam akueous humor meningkat. Maka, lebih  banyak molekul glukosa diberikan kepada lensa. Akumulasi hasil glukosa dalam lensa membengkak mempengaruhi struktur protein dan sifat optik.

Perubahan ini mengganggu kapasitas visual dan tidak dapat diimbangi dengan kacamata koreksi konvensional. Seiring waktu, kelainan metabolik dan fungsional ini menyebabkan hilangnya tambahan transparansi lensa, terutama mengakibatkan kesulitan visual dan permanen.

Bagaimana cara mencegah katarak pada diabetes?


Jika anda menderita diabetes, ada dua langkah penting yang harus anda ikuti untuk mencegah atau menunda timbulnya katarak.

1. Selalu kontrol gula darah anda. Ingat, gula darah tidak terkontrol pasti akan mengarah pada semua jenis komplikasi diabetes (akut atau kronis). Orang-orang yang menjaga kadar gula darah mereka lebih mendekati normal akan memiliki mata sehat serta jantung, otak, ginjal, dan kaki juga. Oleh karena itu, mempertahankan kontrol gula darah dengan ketat setiap hari adalah strategi kunci untuk mencegah katarak, juga komplikasi lainnya.

2. Apakah anda sudah memeriksakan mata anda? setidaknya sekali setahun, oleh dokter spesialis mata. Kunjungan berkala ke dokter mata mungkin diperlukan tergantung pada kontrol diabetes Anda. Jika katarak terdeteksi, dokter anda dapat menunjukkan pengobatan yang tepat atau diskusikan  jika anda menginginkan operasi katarak.

Demikian artikel kami mengenai hubungan antara diabetes dan katarak, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

0 comments:

Post a Comment