Sunday, February 14, 2016

10 Gejala Diabetes Yang Jarang Disadari Penderitanya

Penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2013 berjumlah 9 juta, dan menurut WHO pada tahun 2020 diperkirakan akan meningkat menjadi 12 juta penderita diabetes. Pada penderita diabetes, meningkatnya kadar gula dalam darah dianggap sebagai sesuatu yang buruk bagi tubuh.

gejala diabetes lapar lelah mata kabur
sumber gambar : Romana Klee wikipedia

Diabetes sering disebut silent killer karena sifat gejalanya yang jarang diketahui dan disadari oleh penderitanya. Banyak penderita diabetes yang baru menyadarinya ketika timbul luka pada anggota badan biasanya pada kaki. Semakin lama tidak mengontrol diabetes, semakin besar risiko Anda untuk menderita penyakit jantung, penyakit ginjal, amputasi, kebutaan, dan komplikasi serius lainnya.

Untuk itu jika anda mengalami gejala-gejala diabetes di bawah ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, atau lebih baik lagi jika memiliki tes gula darah sendiri di rumah sehingga bisa cek gula darah sendiri.

Gejala diabetes yang jarang diketahui penderitanya


Sering buang air kecil atau kencing

Bila Anda menderita diabetes, tubuh Anda menjadi kurang efisien dalam memecah makanan ke dalam gula, sehingga Anda memiliki lebih banyak gula berada dalam aliran darah Anda. Cara tubuh untuk mengatasi hal itu adalah dengan mengeluarkannya melalui urin. Itu lah sebabnya orang memiliki gula darah tinggi seperti pada penderita diabetes akan lebih sering merasa ingin kencing atau buang air kecil. Dan parahnya sebagian penderita diabetes tidak menyadari seberapa sering mereka ke kamar mandi. Terutama jika waktu istirahat malam anda sering terganggu untuk harus buang air kecil hingga beberapa kali, sudah semestinya anda mewaspadainya. Mungkin hal tersebut salah satu gejala diabetes.

Merasa lebih haus dari biasanya

Karena cairan dalam tubuh banyak berkurang karena terbuang melalui urin. Maka anda akan merasa lebih haus dari biasanya, sebagai sinyal untuk mengganti cairan tubuh anda yang sudah terbuang. Orang yang tidak menyadari dirinya menderita diabetes terkadang memilih meminum softdrink, jus buah, dan minuman manis lainnya untuk menghilangkan rasa hausnya. Tentu saja ini akan menambah aliran gula darah dalam tubuhnya.Sebaiknya minum air putih  untuk menghilangkan rasa haus anda.

Penurunan berat badan

Terlalu tinggi kadar gula darah akan membuat berat badan anda turun dengan cepat. Dalam tubuh yang normal. Pankreas memproduksi insulin yang membantu  glukosa diserap dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Seorang penderita diabetes fungsi pankreas dalam memproduksi insulin terganggu, hal ini menyebabkan tubuh mencari alternatif energi baru, yaitu dengan memecah lemak menjadi energi. Maka dari itu, penderita diabetes akan cepat mengalami penurunan berat badan.

Mudah lapar

Penderita diabetes umumnya mengeluhkan mudah lapar. Dalam diabetes yang tidak terkontrol dimana kadar gula darah tinggi, glukosa dari darah tidak dapat masuk ke dalam sel,  baik karena kurangnya insulin atau resistensi insulin sehingga tubuh tidak bisa mengubah makanan yang anda makan menjadi energi. Kurangnya energi ini direspon dengan meningkatnya rasa lapar. Dan ini biasanya diperparah dengan terus mengkonsumsi makanan yang mungkin saja merupakan pantangan penderita diabetes karena tidak disadari oleh penderita diabetes.

Mudah lelah

Kurangnya energi akibat gagalnya glukosa diserap oleh sel-sel tubuh membuat tubuh menjadi mudah lelah dan lemas.

Moody dan mudah marah

Gula darah yang melonjak tinggi dapat mempengaruhi suasana hati si penderita diabetes. Bahkan, gula darah tinggi dapat menyerupai gejala seperti depresi. Anda merasa sangat lelah, Anda tidak merasa seperti melakukan apapun, Anda tidak ingin pergi kemana-mana, yang  hanya ingin dilakukan hanya tidur. Ketika kadar gula darah itu normal, suasana hati akan membaik.

Penglihatan yang kabur

Pada tahap awal diabetes sering terjadi gangguan penglihatan berupa penglihatan yang kabur. Lensa mata tidak fokus dengan baik karena glukosa menumpuk dalam mata, yang sementara merubah bentuknya. Namun  jangan khawatir, asal diabetes segera ditangani, hal tersebut tidak membutakan mata anda. Mata anda akan kembali seperti sebelumnya setelah kadar gula darah anda stabil.

Luka yang susah kering

Luka yang susah kering  pada penderita diabetes disebabkan sistem kekebalan tubuh dan proses yang membantu menyembuhkan luka tidak bekerja dengan baik ketika kadar gula Anda tinggi.

Kaki kesemutan

Kadar gula tinggi dapat menyebabkan komplikasi bahkan sebelum Anda menyadarinya bahwa Anda menderita diabetes. Salah satunya adalah kerusakan saraf ringan, yang dapat menyebabkan mati rasa di kaki Anda.

Anda lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih dan jamur

Kadar gula tinggi pada urin dan organ kewanitaan dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi ini. Jika infeksi ini terjadi berulang-ulang mungkin anda menderita diabetes.

Demikian artikel kami tentang gejala diabetes yang jarang disadari penderitanya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment