Monday, February 8, 2016

Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Anti Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit degeneratif yang banyak penderitanya di Indonesia. Hal ini membuat ilmuwan untuk terus berusaha mengembangkan penelitian bahan obat diabetes terutama berasal dari tumbuhan yang merupakan senyawa bioaktif.

manfaat daun sukun obat anti diabetes terbukti ampuh
credit : US Pacific Basin Agricultural Research Center @wikipedia


Sukun atau juga dikenal sebagai breadfruit dalam bahasa inggris, merupakan tanaman tropis dengan tinggi mencapai 30 meter yang memiliki buah tanpa biji. Biasanya buah sukun dikonsumsi dengan digoreng atau direbus, dan bisa sebagai pengganti nasi beras.Selain buahnya yang gurih, ternyata sukun memiliki manfaat lain pada daunnya. Dari hasil penelitian terungkap bahwa daun sukun memiliki potensi sebagai obat alami anti diabetes.

Cara mengobati diabetes dengan daun sukun?


Menurut penelitian ilmuwan kasahara, untuk mendapatkan manfaat daun sukun untuk diabetes bisa dengan meminum air rebusan daun sukun. Sedangkan McLean seorang ilmuwan barat menyatakan bahwa dari daun sukun senyawa seperti prenyl flavonoid telah dapat diisolasi, dan berpotensi sebagai obat anti diabetes dengan menurunkan kadar gula darah.

Petik dari pohon langsung 2 lembar daun sukun yang sudah agak tua namun masih terlihat bagus. Jemur di bawah terik matahari hingga kering. Kemudian rebus menggunakan gerabah tanah liat atau panci stainless steel berisi 2 liter air (Jangan gunakan panci aluminium karena daun sukun bereaksi dengan aluminium). Tetap rebus hingga air tersisa 1 liter. Kemudian tambahkan 1 liter lagi dan rebus hingga matang (mendidih). Teh akan terasa pahit, sehingga anda bisa menambahkan gula stevia atau madu murni. Minum secukupnya dan sisanya bisa disimpan di kulkas dengan botol kaca. Jika anda tidak ingin repot-repot, anda bisa memilih cara instan dengan membeli teh herbal daun sukun. Saat ini teh herbal daun sukun untuk diabetes sudah cukup banyak dijual di toko atau secara online.

Bagaiman daun sukun menurunkan gula darah?


Menurut para ahli di Penelitian Kimia LIPI, telah dilakukan pengujian daun sukun sebagai obat anti diabetes secara farmakologi menggunakan enzim Alfa Glukosasidase yang sangat diperlukan dalam proses metabolisme karbohidrat, terletak pada bagian tepian permukaan sel usus dan merupakan enzim kunci dan dibutuhkan pula untuk proses pembentukan glikoprotein. Enzim bekerja memecah karbohidrat menjadi glukosa pada usus halus manusia .Sedangkan senyawa yang dapat menghambat aktivitas enzim menunjukkan indikasi bahwa senyawa tersebut berpotensi sebagai anti diabetes dengan menurunkan gula darah.

Manfaat Kesehatan Lain dari Daun Sukun


Seperti dilaporkan para ahli dalam penelitiannya menemukan fakta bahawa daun sukun dapat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit asma, dan hepatitis. Sementara majalah TRUBUS, yang merupakan majalah pertanian mengatakan bahwa daun sukun dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit ginjal.

Demikian artikel kami tentang manfaat daun sukun sebagai obat anti diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment