Thursday, March 26, 2015

Manfaat Stevia Sebagai Pemanis Alternatif Pengganti Gula Untuk Diabetes

Kabar bagus bagi anda yang sedang mencari alternatif gula untuk diabetes. Sebuah tanaman bernama stevia ini bisa digunakan sebagai pemanis pengganti gula. Tidak hanya itu, Stevia juga memiliki manfaat besar dalam mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. 

Stevia rebaudiana alternatif gula untuk diabetes

5 Alasan Menggunakan Stevia sebagai Alternatif Gula untuk Diabetes


Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda harus mengganti semua gula biasa di dapur anda dengan gula Stevia:

  1. Stevia Rebaudiana adalah tanaman yang berdaun manis, yang berasal dari Amerika Selatan dan Asia Timur. Telah digunakan sebagai pengganti gula di Paraguay, Jepang dan Brazil. Bahkan suku India sudah menggunakan stevia selama berabad-abad. Rasa manis stevia berasal dari tiga komponen - glikosida, steviosides dan rebaudiosides. Penggunaan stevia sebagai gula biasa adalah salah satu alasan mengapa orang Jepang begitu sehat. Saat ini, China adalah produsen terbesar stevia di dunia sekarang. Namun, Indonesia juga sudah mengembang tanaman stevia sejak 1984 oleh Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia.
  2. Stevia dikenal memiliki anti-inflamasi, anti-hipertensi, anti-tumor, anti-diare dan sifat diuretik. Stevia juga dikenal untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Stevia memiliki tingkat kemanisan mencapai 300 kali lebih manis dari gula tebu. Yang menarik, stevia tetap aman untuk dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2 diabetes dan obesitas.Hal ini tidak lain karena rasa manis stevia tidak banyak berpengaruh pada gula darah.
  4. Stevia adalah tanaman pemanis alami. Daunnya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Yang paling penting di antara mereka adalah kromium dan magnesium. Kromium membantu tubuh kita dalam mempertahankan metabolisme glukosa yang normal, yang membuatnya sangat penting bagi penderita diabetes. Magnesium membantu dalam mensekresi insulin dan rendahnya tingkat magnesium dapat menyebabkan resistensi insulin. Daun Stevia adalah sumber yang kaya baik kromium dan magnesium. Oleh karena itu, mereka tidak hanya meningkatkan metabolisme, tetapi juga memberikan insulin yang cukup pada tubuh. Sehingga akan membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
  5. Fakta mengejutkan lainnya tentang gula stevia adalah gula stevia tidak memiliki kalori dan tidak ada karbohidrat. Hal ini membuatnya cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan atau penderita diabetes. Juga, tidak ada bahan buatan dalam stevia, yang menurunkan kemungkinan efek samping. American Diabetes Association juga menyatakan penggunaan stevia aman bagi penderita diabetes.

Tips Menggunakan Stevia sebagai Alternatif Gula untuk Diabetes


Berikut ini adalah tips untuk mengkonsumsi stevia sebagai gula untuk diabetes:
  • Anda bisa menggunakan daun stevia segar, meskipun stevia kering daun juga sama bagusnya.
  • Jangan gunakan stevia olahan yang tersedia di pasar. Meski tetap aman bagi penderita diabetes, tetapi mungkin kandungan nutrisi yang dapat ditemukan dalam daun stevia sudah berkurang atau tidak ada.
  • Ambil tanaman stevia dan hanya dengan menggunakan beberapa daun bisa memaniskan hidangan anda. Anda dapat menggunakannya dalam kopi, teh, dan bahkan makanan penutup.
  • Karena stevia jauh lebih manis dari gula biasa Anda, tentu cukup sedikit saja stevia yang anda gunakan.
  • Wanita hamil atau ibu memberi ASI sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menggunakan daun stevia.
Apakah anda sudah menggunakan stevia? Apakah stevia cukup membantu mengontrol diabetes? Apakah stevia mengubah rasa hidangan manis Anda? Berbagilah pengalaman dengan kami di bagian komentar di bawah ini.

Demikiar artikel kami tentang manfaat stevia sebagai pemanis alternatif pengganti gula untuk diabetes, semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. Manfaat banget tuh infonya, kalo punya tanaman sendiri lebih bagus tuh. Cari bibitnya disini aja https://kebunbibit.id/tanaman/tanaman-obat/stevia.html?cid=55

    ReplyDelete