Tuesday, March 31, 2015

Manfaat Buah Kurma Untuk Penderita Diabetes

Kali ini kami akan membahas tentang manfaat buah kurma untuk penderita diabetes. Anda pasti tidak pernah menduga jika buah kurma yang manis ini ternyata bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun tidak semua buah kurma boleh dikonsumsi penderita diabetes. Buah kurma yang terdapat di pasaran kebanyakan adalah buah kurma yang dikeringkan dan  ditambah pemanis juga. Mengkonsumsi buah kurma jenis ini hanya akan memperburuk penyakit diabetes.


Manfaat Buah Kurma Untuk Penderita Diabetes

Untuk mendapatkan manfaat buah kurma untuk diabetes, penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah kurma yang masih segar. Karena buah kurma yang segar memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah, hanya 45 per 3 biji. Jadi buah kurma ini aman untuk dikonsumsi dan bahkan dianjurkan dalam jumlah yang tidak berlebihan karena manfaat yang terkandung di dalamnya.

Apa manfaat buah kurma untuk penderita diabetes?


1. Kurma mengandung Glukosa dan Fruktosa

Penderita diabetes biasanya berusaha untuk menghilangkan karbohidrat dari diet mereka sebagai usaha untuk menurunkan kadar gula darah. Daripada menghapusnya, mereka bisa menggantinya dengan karbohidrat sehat. Sebagai contoh, jika penderita diabetes mengkonsumsi seratus gram kurma maka secara tidak langsung mereka mengkonsumsi karbohidrat tujuh puluh lima gram. Fruktosa, glukosa dan sukrosa.  Ketiga zat tersebut berperan dalam menyediakan energi instan. Dalam berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pasien diabetes dapat mengkonsumsi kurma saat mereka merasa lesu setelah bekerja dan menginginkan tubuhnya kembali bertenaga. Mereka bisa mengkonsumsi makan satu atau dua kurma untuk mendapatkan manfaat buah kurma dalam mengembalikan energi mereka.

2. Memiliki Indeks Glikemik rendah dan sehat

Penderita diabetes umumnya sangat berhati-hati dengan indeks glikemik makanan yang dikonsumsi. Hal ini karena makanan indeks glikemik tinggi adalah penyebab utama dalam meningkatnya tingkat gula dalam aliran darah. Para ahli telah membuktikan bahwa kurma memiliki indeks glikemik sehat. Indeks Glikemik kurma segar cukup bervariasi tergantung pada jenis kurma yang Anda konsumsi. Tingkat variasi kurma minimal 35,5 maksimum 49,7.

3. Bebas lemak dan bergizi

Mengendalikan berat badan pada penderita diabetes juga sama pentingnya. Mereka harus menghilangkan banyak makanan ringan yang biasa mereka konsumsi. Buah kurma yang bebas lemak dan kolesterol ini bisa dikonsumsi untuk mengendalikan rasa lapar. Banyak mineral yang terkandung dalam kurma yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit. Mineral ini adalah besi, zinc, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan juga tembaga. Mineral ini dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi jika tubuh kekurangan nutrisi maka kondisi kesehatan mungkin memburuk. Kandungan zinc juga penting untuk meningkatkan produksi insulin. Sementara, kadar gula dalam tubuh diatur oleh magnesium.

4. Kurma mengandung Serat Makanan

Makanan berserat berfungsi untuk melancarkan percernaan. Delapan gram serat hadir dalam seratus gram kurma. Penelitian mengungkapkan bahwa serat larut hadir dalam kurma bernama Beta-D-glucan. Serat larut ini mengurangi penyerapan kolesterol oleh sel-sel tubuh. Glukosa akan diserap oleh usus halus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat gula darah tidak meningkat jika penderita diabetes mengkonsumsi kurma segar dalam batas yang ditentukan.

Demikian manfaat buah kurma bagi penderita diabetes, semoga bermanfaat.
indeks glikemiknya
indeks glikemiknyain

1 comments:

  1. terima kasih tas informasinya.. penderita diabetes tetap boleh makan kurma beberapa biji saja (1-2 biji). boleh gak ya sampai 10 biji? sering lapar soalnya..

    ReplyDelete