Wednesday, April 1, 2015

Manfaat Jus Buah Bit Untuk Penderita Diabetes

Buah Bit adalah buah akar alami yang umumnya ditemukan di daerah beriklim sedang dan tropis. Buah bit baik untuk penderita diabetes, karena sangat rendah kalori, sekitar 36 kalori per 100 gram buah bit. Buah berair ini bisa dimakan siapa saja karena rendah kalori dan kandungan gizi yang tinggi. Porsi Kecil sampai sedang dari buah bit cukup untuk menyediakan semua vitamin, mineral, flavonoid, dan serat dari sayuran bagi tubuh.

Manfaat Jus Buah Bit Untuk Penderita Diabetes


Pigmen warna ungu yang kuat berasal dari zat betacyanin, yang menunjukkan warna merah gula buah bit. Buah bit juga kaya vitamin C, serat, dan potasium.  Sementara, beta karoten adalah antioksidan yang ditemukan dalam daun bit.

Buah Bit, buah yang bagus untuk diabetes


Selain kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting, buah bit juga memiliki indeks glikemik 64, yang berada dalam kisaran menengah. Meskipun buah bit mengandung cukup tinggi gula alami, namun tingkat konversi menjadi glukosa sangat rendah. Mengkonsumsi buah bit tidak akan membuat kadar gula darah melonjak tiba-tiba. Jadi, buah bit adalah buah yang cocok untuk diabetes melitus.

Meskipun kaya akan gula alami, buah bit tidak menghasilkan konsentrasi glukosa yang tinggi dalam darah pasien diabetes. Dengan memasukkan buah bit dalam menu sarapan penderita diabetes dapat meningkatkan kadar somatostatin atau hormon penghalang pelepasan kedua hormon lainnya (insulin dan glukagon). Maka mengkonsumsi buah bit akan mengurangi tingkat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah.

Buah bit, buah untuk penderita diabetes dan hipertensi


Jus buah bit penuh dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan dan sangat ideal untuk diabetes. Jus buah bit memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Biasanya seseorang akan merasa mual mulai minum jus buah bit setiap hari. Anda bisa menggabungkan jus buah bit dengan sayuran lain seperti wortel, sehingga tubuh bisa terbiasa dengan itu. Segelas jus bit juga dapat menangkal tanda-tanda kelelahan pada tubuh. Kandungan klorin sangat baik untuk sistem pencernaan. Pada saat yang sama, nitrat merah buah bit membantu dalam menurunkan tekanan darah tubuh Anda, sehingga melindungi anda dari penyakit hipertensi. 

Minum jus buah bit meningkatkan asam askorbat, vitamin E, karoten, asam fenolik, dan fitoestrogen untuk tubuh. Ini sangat positif untuk fungsi jantung secara keseluruhan. Minum jus buah bit juga meningkatkan konsentrasi kalium dibandingkan saat makan sayuran lainnya. Tanpa lemak apapun dan kaya akan vitamin dan gula alami, jus buah bit adalah pilihan yang baik untuk mengatur berat badan berlebih, yang sangat penting dalam menjaga diabetes tetap dalam kontrol. Manfaat jus bit akan meningkat jika lapisan di bawah kulit ikut dimasukkan dalam jus. Jus menyediakan segelas nutrisi dan serat, oleh karena itu sebaiknya jus buah bit dibuat dalam jumlah sedang.

Namun ada sedikit catatan jika anda ingin minum jus buah bit. Jika anda memiliki riwayat atau rentan  terhadap sakit batu kandung empedu dan batu ginjal karena oksalat sebaiknya tidak minum jus buah bit ini. Ini karena buah bit memiliki konsentrasi tinggi oksalat yang dapat mengakibatkan pembentukan batu.

Demikian artikel mengenai manfaat jus buah bit untuk diabetes, semoga bermanfaat.

1 comments: