Saturday, October 3, 2015

Apakah Madu Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Penderita diabetes umumnya diberitahu bahwa mereka tidak boleh makan makanan yang banyak mengandung gula. Menurut American Diabetes Association, sebenarnya bukan jumlah gula yang anda konsumsi yang paling penting, tetapi total asupan karbohidrat anda. Karbohidrat tidak hanya ditemukan pada gula, tetapi juga hadir dalam jumlah besar dalam biji-bijian, sayuran dan buah-buahan mengandung zat tepung. Anda harus membatasi asupan karbohidrat Anda sejumlah 45 g sampai 60 g untuk sekali makan untuk terbaik kontrol gula darah, menurut American Diabetes Association.


Bolehkah penderita diabetes minum madu?

Madu adalah pemanis yang lebih aman daripada gula karena memiliki indeks glikemik lebih rendah. Namun, madu masih mengandung karbohidrat, sehingga sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengkontrol asupan madu layaknya gula.

Madu dinilai lebih aman daripada gula tebu karena meski sama-sama terdiri dari glukosa dan fruktosa, pada gula tebu keduanya menempel menjadi sukrosa. Berbeda dengan gula tebu, pada madu dua jenis gula ini terpisah. Madu juga memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada gula tebu. Berkat kandungan karbohidrat yang kompleks, madu lebih sulit untuk dipecah dalam tubuh, sehingga tidak mengakibatkan gula darah melonjak.

Manfaat kesehatan madu untuk tubuh

Madu memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, serta mineral dari B-vitamin dan Vitamin C. Dan selama berabad-abad, madu telah digunakan sebagai agen anti-mikroba untuk mengobati luka, luka, jerawat dan penyakit kulit lainnya.  Studi ilmiah yang dipublish di NCBI tahun 2009 tentang penggunaan madu, penderita diabetes tipe 2 telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu setiap hari selama 8 minggu dapat memiliki efek menguntungkan pada berat badan dan untuk lipid darah. Seperti halnya kondisi medis lainnya, orang yang memiliki diabetes harus berkonsultasi dengan dokter tentang apakah madu aman untuk memanfaatkan sebagai bagian dari rencana diet diabetes. Tingkat diabetes seseorang sangat menentukan berapa jumlah madu yang boleh dikonsumsi, bahkan aman atau tidaknya mengkonsumsi madu bagi tubuh.

Tips

Dalam mengkonsumsi madu, pilih madu yang benar-benar murni. Madu palsu tidak akan memberikan manfaat apapun bagi tubuh. Selain itu, madu palsu yang biasanya dicampur gula tebu juga berdampak buruk bagi penderita diabetes.

Demikian artikel kami tentang apakah madu aman dikonsumsi penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment