Wednesday, December 30, 2015

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Durian?

Sama seperti buah-buahan lainnya, buah durian banyak mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh. Rasanya yang lezat dan manis dengan aroma yang khas membuatnya digemari oleh banyak orang. Di sisi lain, orang dengan riwayat diabetes harus menjaga  gula darah tetap stabil dengan cara menjaga pola makan. Jadi, apakah buah durian berbahaya bagi penderita diabetes?

apakah durian aman dimakan penderita diabetes

Kandungan buah durian

Durian mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu 28,9 gram per 100 gram. Namun durian memiliki indeks glikemik aman antara 44-54. Meski memiliki indeks glikemik aman namun tingginya kandungan karbohidrat serta lemak (3,9 gram/porsi 100gram)dan kalori (159 kkal/porsi 100 gram) membuat penderita diabetes harus waspada dalam mengkonsumsi buah durian.

Cara aman mengkonsumsi buah durian pada penderita diabetes

Seorang Dokter spesialis penyakit dalam Brigjen TNI Ariz Wibudi memberikan sebuah trik untuk mengkonsumsi buah-buahan manis seperti durian.

"Salah satu triknya yaitu dengan makan sayur yang banyak sebelum mengonsumsinya," ungkap dr. Ariz dikutip dari kompas dalam sebuah wawancara.

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran sangat membantu dalam menghambat proses penyerapan gula. Penyerapan gula yang lambat tidak akan menyebabkan fluktuasi gula darah.

Dr. Ariz juga menyarankan agar tidak mengkonsumsi buah dengan kadar gula tinggi seperti durian secara berlebihan. Satu atau dua potong sudah cukup. Untuk mendapatkan manfaat buah bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan lain yang rendah gula, seperti alpukat, atau strawberry.

Demikian artikel kami tentang boleh atau tidak penderita diabetes makan durian, semoga bermanfaat.

sumber: kompas

0 comments:

Post a Comment