Friday, May 29, 2015

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Cokelat?

Hal yang tidak menyenangkan ketika anda pertama kali didiagnosis menderita diabetes adalah memutuskan apakah rela atau tidak meninggalkan makanan favorit anda. Cokelat adalah makanan favorit bagi banyak orang, termasuk penderita diabetes. Meskipun umumnya dihindari, namun masih dimungkinkan jika anda ingin memasukkan cokelat dalam diet anda. Tentu saja anda harus memiliki informasi yang tepat dan bersedia untuk melakukan beberapa perencanaan yang matang. Jadi apakah penderita diabetes boleh makan cokelat?

apakah diabetes boleh makan cokelat


Cokelat mengandung gula, karbohidrat sederhana yang meningkatkan kadar gula darah. Cokelat  juga mengandung lemak, yang menambahkan kalori dan dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Ketika cokelat dikombinasikan dengan bahan lain, seperti kacang, permen atau marshmallow (manisan kenyal), jumlah gula dan lemak juga meningkat. Tentu saja  terlalu banyak makan cokelat dapat menyebabkan kadar gula darah dan berat badan tidak terkontrol.

Apa Manfaat Cokelat untuk tubuh?


Cokelat dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan yang positif. Mengandung flavonoid, yang merupakan senyawa yang ditemukan secara alami dalam makanan nabati. Flavonoid telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, seperti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melawan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, kenyataanya banyak dari manfaat cokelat jadi hilang karena coklat diproses dari kakao mentah menjadi permen manis.

Perencanaan konsumsi Cokelat


Dengan perencanaan yang matang, anda dapat mengkonsumsi cokelat tanpa membahayakan kontrol diabetes anda. Cokelat akan dianggap sebagai karbohidrat dalam rencana makan diabetes. Jika Anda ingin makan cokelat, anda dapat mengandalkannya sebagai bagian dari asupan karbohidrat normal Anda. Mulailah dengan memeriksa ukuran porsi pada label fakta nutrisi dan kandungan karbohidrat, terletak pada produk. Ini bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui berapa total kandungan karbohidrat yang anda konsumsi. Jadi penghitungan karbohidrat berperan penting disini. Penghitungan karbohidrat sangat penting untuk perencanaan makan dan dosis insulin.

Jika anda seorang penderita diabetes, ikuti saran dari dokter untuk langkah pengobatan diabetes. Konsultasikan mengenai diet anda termasuk memasukkan makanan favorit dalam menu diet diabetes anda. Jika Anda menggunakan insulin untuk mengobati diabetes Anda, dokter dapat membantu anda membuat rencana untuk menyesuaikan dosis insulin jika diperlukan untuk mengurangi efek dari mengkonsumsi coklat.

Pertimbangan


Banyak cokelat yang beredar di pasaran dibumbui dengan pemanis buatan. Ada juga cokelat yang dilabeli "bebas gula". Namun ketahuilah bahwa "bebas gula" tidak berarti bebas kalori. Periksa label fakta nutrisi untuk konten kalori dan jumlah karbohidrat. Bahkan jika produk tersebut mengandung pemanis buatan atau karbohidrat di dalamnya, produk cokelat tersebut masih mempengaruhi kadar gula darah anda.

Demikian artikel kami tentang  apakah penderita diabetes boleh makan cokelat, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

0 comments:

Post a Comment