Monday, June 1, 2015

Manfaat Buah Naga Sebagai Pengontrol Diabetes

Buah Naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Namun buah naga sangat populer di Asia Tenggara di mana sudah tersedia di hampir setiap pasar. Buah ini pertama kali diperkenalkan ke Asia Tenggara (terutama Vietnam) oleh pedagang Perancis pada 1800-an di mana dengan cepat menyebar ke seluruh wilayah. Buah naga pun akhirnya menjadi salah satu ekspor paling menguntungkan di Vietnam. Buah naga memberikan banyak manfaat kesehatan yang harus dimanfaatkan terutama oleh penderita diabetes.
manfaat buah naga untuk diabetes

Buah naga dan diabetes


Buah naga merupakan buah rendah kalori dan kolesterol membuatnya menjadi pilihan yang sempurna bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Satu buah naga memiliki: 59 kalori, 0,38 gram lemak, 2 gram serat makanan, 10 gram gula, 1 gram protein, dan kandungan tinggi vitamin C . Manfaat buah naga untuk diabetes sebagai berikut:

  • Kandungan vitamin C yang tinggi memberikan sifat antioksidan buah yang membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, mencegah penyakit jantung, terjadinya diabetes tipe 2, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Buah naga merupakan sumber serat yang baik yang mendukung sistem pencernaan. Buah naga juga membantu melancarkan buang air besar, tetap mengontrol kadar gula darah, dan mencegah zat penyebab kanker memasuki usus besar.
  • Seperti yang dinyatakan sebelumnya buah naga membantu dalam penurunan berat badan dengan membuat kita merasa kenyang lebih lama, berkat kandungan serat yang yang mencegah kita dari makan berlebihan dan juga membantu sistem metabolisme kita membuat energi tubuh kita lebih efisien berkat kandungan tinggi vitamin B.
  • Buah naga juga dikenal karena sumber moderat mineral, beberapa yang paling menonjol adalah kalsium dan zat besi. Kedua mineral tersebut membantu dengan meningkatkan kesehatan tulang, fungsi otot, dan membuat perjalanan oksigen melalui tubuh lebih efisien.
  • Ada juga masker wajah yang berasal dari buah naga. Perawatan ini membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Buah naga juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan menyejukkan wajah terutama ketika musim panas.  
Buah naga bisa dinikmati dalam berbagai cara seperti di jus atau menambahkannya dalam menu salad. Konsumsi buah naga secukupnya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar manfaat buah naga benar-benar optimal untuk diabetes.

Demikian artikel kami tentang manfaat buah naga sebagai pengontrol diabetes, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

0 comments:

Post a Comment