Wednesday, March 16, 2016

Kadar Asupan Harian Natrium (Sodium) untuk Penderita Diabetes

Ketika mendengar kata "diabetes", sebagian besar orang tentu akan berpikir mengenai kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal ini benar berlaku pada pada diabetes melitus, yang merupakan ketidakmampuan pankreas untuk membuat insulin dalam merespon gula atau karbohidrat. Ada juga jenis diabetes yang lain, dimana penderitanya akan terlalu sering mengeluarkan urin, yang disebut diabetes insipidus. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu mengatur kadar cairan dan konsentrasi cairan. Baik diabetes melitus maupun insipidus sangat dipengaruhi oleh natrium atau biasa juga disebut sodium.

natrium sodium untuk diabetes


Kadar normal natrium dalam tubuh


Natrium adalah unsur mineral yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Natrium juga dikenal di kalangan medis dan ilmiah sebagai natrium klorida, Na+. Kadar normal natrium dalam darah anda adalah 136 mm sampai 145mm. Natrium mengontrol volume cairan tubuh Anda dan menjaga keseimbangan asam-basa atau pH, konduksi saraf, bagian nutrisi ke dalam sel dan tekanan darah anda.

Natrium, tekanan darah tinggi, dan diabetes


Tekanan darah terkait dengan natrium dan merupakan masalah umum bagi penderita diabetes. American Diabetic Association, atau ADA, melaporkan bahwa sebanyak dua dari tiga orang dewasa dengan diabetes juga menderita tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi. ADA merekomendasikan penderita diabetes menjaga tekanan darah mereka pada atau di bawah 130/80. Biasanya ketika kadar natrium naik, demikian juga tekanan darah Anda.

Pengaruh natrium pada meningkatnya resiko komplikasi diabetes


Tekanan darah mengukur kekuatan darah mendorong melalui pembuluh dengan detak jantung anda, yang disebut tekanan sistolik, dan kemudian mengukur tekanan saat jantung Anda rileks, yang dikenal sebagai tekanan diastolik, Anda mungkin melihat bagaimana natrium dapat mempengaruhi tekanan fluida ini serta efisiensi pembuluh bekerja -- pembuluh darah dan arteri. Jika darah bergerak melalui pembuluh ini dengan kekuatan besar, hipertensi dapat terjadi dan jantung dan seluruh sistem kardiovaskular harus bekerja lebih keras. Ini adalah peningkatan risiko komplikasi diabetes, menurut ADA. Bahaya ini tidak akan hilang bila tanpa penanganan dan pengobatan, diet rendah sodium dan olahraga adalah yang paling umum dianjurkan.

Berapakah asupan natrium (sodium) untuk penderita diabetes


Menurut ABC News, warga Amerika rata-rata mengkonsumsi 1 sampai 3 sendok makan. natrium klorida per hari. USDA dan Institute of Medicine merekomendasikan asupan harian  ideal sodium  1,500mg - 2,300mg per hari. Sebagai perbandingan, Colorado State University mengungkapkan 1 sendok teh sama dengan 2,000mg garam. Karena 1 sendok makan sekitar 3 sendok teh, yang berarti rata-rata warga amerika mengkonsumsi antara 6.000 sampai 18,000mg natrium per hari. Sebanyak dua dari tiga orang dewasa penderita diabetes juga menderita hipertensi, dengan 130/80 digunakan sebagai batas atas tekanan darah, direkomendasikan oleh ADA.

Kelebihan dan kekurangan natrium pada penderita diabetes


Menurut Gary L. Robertson, M.D., dari Northwestern University di Chicago, tingkat natrium lebih tidak stabil pada diabetes insipidus. Tiga ciri gejalanya adalah rasa haus yang meningkat, jumlah minum meningkat dan buang air kecil meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan apa yang merupakan istilah Robertson "intoksikasi air, terkait dengan gejala seperti sakit kepala, kehilangan nafsu makan, lesu dan mual, serta penurunan tidak normal dalam konsentrasi natrium plasma, atau hiponatremia." Jika penderita diabetes memiliki rasa haus normal dan minum cukup air, berarti natrium dalam tubuh menurun, dan efek fatalnya dapat menyebabkan kejang dan / atau koma. Jika kurang minum atau dehidrasi, diikuti kadar natrium meningkat, yang mungkin juga dapat menyebabkan kejang dan kematian.

Saran

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi diabetes, termasuk serangan jantung, stroke, gangguan penglihatan dan penyakit ginjal. ADA merekomendasikan sebaiknya anda rutin memeriksakan tekanan darah anda.

Segera periksakan diri ke dokter jika anda merasakan gejala diabetes insipidus dimana anda mengalami rasa haus yang tidak normal, minum lebih dari 4 liter per hari; rasa buang air kecil lebih sering; meningkatnya jumlah anda harus terbangun ketika malam hari untuk kencing; mengompol; atau urin yang sangat pucat dan encer.

Demikian artikel kami tentang kadar asupan harian natrium atau sodium untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment