Saturday, September 24, 2016

Minum Air Putih dan Diabetes

Penderita diabetes memiliki kecenderungan untuk buang air kecil lebih sering terutama pada malam hari akibat gula darah yang tinggi. Untuk menghilangkan glukosa dalam darah, ginjal akan mencoba untuk membuangnya melalui urin, yang tentu saja cairan tubuh ikut berkurang. Jadi semakin tinggi glukosa darah anda, semakin banyak cairan yang harus anda minum. Oleh sebab itu, sering buang air kecil dan haus adalah salah satu gejala diabetes.

manfaat minum air putih bagi diabetes
credit : Walter J. Pilsak at Wikipedia

Minum air putih baik untuk diabetes

Dalam rangka untuk menjaga tubuh berfungsi normal, minum air putih yang cukup adalah pilihan yang tepat bagi penderita diabetes. Karena air putih murni tidak memiliki kalori, tidak mengandung natrium, lemak atau kolesterol, dan yang pasti tidak mengandung kafein, yang merupakan dehidrator.

Menurut Endokrinologi Diabetes & Metabolisme, Eliot LeBow, CDE, LCSW, minum 8 gelas sehari dapat mengurangi resistensi insulin karena hidrasi yang tepat.  Sementara minum air putih yang cukup juga mengurangi rasa lapar dan cenderung makan lebih sedikit pada siang hari. Jadi minum air putih yang cukup dapat membantu mengontrol gula darah anda.

Jika gula darah anda sangat tinggi dan ginjal anda tidak dapat memproses semua gula, air akan membantu menghilangkan kelebihan gula dan keton dari sistem tubuh anda. Jika kita tidak minum cukup air, ginjal akan mengambil sisa-sisa cairan untuk tetap berfungsi. Secara bertahap, sel-sel kita menjadi makin kering, yang mungkin dampaknya akan terlihat pertama pada mata dan mulut.

sumber : diabetesselfmanagement

Apakah minum air putih lebih banyak makin bagus untuk penderita diabetes?

Pada dasarnya hal yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Minum terlalu banyak air terutama setelah beraktifitas dan berkeringat bisa menyebabkan tubuh kekurangan natrium dan ini bisa berujung kematian.

Minum air putih penting bagi semua orang, namun bagi penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe 1, menjadi makin penting untuk menghilangkan kelebihan keton dari aliran darah dan mengurangi dehidrasi ketika gula darah tinggi.

Demikian artikel kami tentang minum air putih dan diabetes, semoga bermanfaat.


1 comments:

  1. Setuju, minum air putih memang prioritas, apalagi bakalan bahaya banget kalau kurang minum air putih....eh tp pernah denger2 juga kalau ada air namannya Kangen Water dan itu bagus untuk kesehatan, bener nggak ya?

    ReplyDelete