Friday, June 5, 2015

Gymnema Sylvestre untuk Pengobatan Diabetes dan Kontrol Gula Darah


Seperti kita ketahui ilmu pengetahui dan obat-obatan belum mampu dalam mengendalikan jumlah penderita diabetes yang terus meningkat tiap tahunnya.  Tetapi dengan mengendalikan gula darah menggunakan ramuan daun Gymnema sylvestre dapat membantu pengobatan diabetes.

daun Gymnema sylvestre obat herbal diabetes

Daun Gymnema mengandung bahan aktif asam gymnemic yang jika dikonsumsi dapat membantu dalam mencegah mereka dari yang berisiko menjadi diabetes lebih dini.

Gymnema untuk Diabetes


Gymnema sylvestre adalah ramuan asli Asia yang telah digunakan sebagai pengobatan herbal diabetes selama ribuan tahun di India. Di India ini disebut  gurmar yang berarti 'penghancur gula' dan memiliki beberapa sifat yang luar biasa bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Salah satu bahan aktif utama dalam Gymnema sylvestre adalah asam gymnemic. Senyawa unik ini sangat mirip secara struktural menjadi glukosa, tetapi tidak bertindak seperti itu dalam tubuh Anda.

Sebaliknya, bila dikonsumsi sebelum menelan makanan manis atau minuman, molekul asam gymnemic sebenarnya memblok lokasi reseptor gula pada lidah Anda. Ini akan menghentikan gula mengaktifkan reseptor tersebut dan dapat sangat mengekang keinginan mengkonsumsi makanan atau minuman manis.
Gymnemic asam juga dapat memblokir penyerapan gula di dalam usus dan sering mengakibatkan penurunan kadar gula darah setelah makan.

Bahkan hal yang lebih menjanjikan, penelitian melaporkan bahwa asam gymnemic meningkatkan produksi insulin, meningkatkan pemanfaatan glukosa dan bahkan dapat membantu meregenerasi sel-sel islet beta dalam pankreas yang memproduksi insulin.

Studi lain menyimpulkan: 'suplementasi Gymnema sylvestre muncul untuk meningkatkan kontrol glukosa pada pasien dengan diabetes tipe 2. Mengurangi glukosa darah setelah makan secara signifikan, disebabkan penurunan HbA1c (rata Glukosa Darah), sehingga mengurangi komplikasi diabetes. ‘

Dosis penggunaan Gymnema Sylvestre dalam pengobatan diabetes


Penelitian tentang Gymnema sylvestre umumnya dilakukan dengan 500 mg kapsul distandarisasi mengandung setidaknya 25% asam gymnemic . Kapsul tersebut diminum antara 5 sampai 10 menit sebelum makan utama dengan segelas besar air.

Obat herbal diabetes dengan Teh Gymnema


Disaat suplemen kapsul memberikan dosis terstandarisasi, banyak orang  yang lebih memilih produk alami untuk mendapatkan berbagai senyawa dalam pengobatan herbal.

Teh Gymnema adalah cara yang lebih tradisional untuk mendapatkan manfaat Gymnema sylvestre. Dengan meminum ramuan Gymnema sebagai teh, anda akan memberikan kesempatan untuk memblokir reseptor gula di lidah anda secara langsung.

Efek Samping Gymnema untuk penderita diabetes


Sementara Gymnema dianggap aman bagi kebanyakan orang dan tidak ada efek samping yang umum untuk Gymnema Sylvestre.  Namun beberapa laporan menunjukkan kadang-kadang Gymnema akan menurunkan gula darah anda terlalu jauh . Untuk itu dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menjaga dalam dosis yang disarankan, baik anda yang menggunakan suplemen atau teh.

Orang yang mengkonsumsi obat-obatan untuk diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Gymnema sylvestre dan menghindari mengambil waktu yang bertepatan dengan obat resep atau ketika pemberian suntikan insulin. Mungkin anda ingin mengurangi kebutuhan anda untuk perawatan seperti itu, tetapi ini harus diawasi secara ketat oleh dokter anda jika Anda penderita diabetes.

Ini juga tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil atau memberi ASI dan orang-orang yang mengkonsumsi rutin antidepresan. Selain itu jangan mengkonsumsi dalam waktu bersamaan dengan aspirin karena dapat meningkatkan efek penurunan gula darah.

Demikian artikel kami tentang Gymnema Sylvestre untuk pengobatan diabetes dan kontrol gula darah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment