Saturday, June 6, 2015

Obat Herbal Untuk Diabetes Melitus Tipe 2


Sejumlah tanaman herbal dapat membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Menurut Profesor Nam Cho, Ketua International Diabetes Federation untuk kawasan Asia Pasifik (IDF-WPR), lebih dari 9 juta orang Indonesia menderita diabetes. Kebanyakan penderita diabetes berusia lebih dari 20, tapi diabetes dapat terjadi pada semua usia. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang kemungkinan efek samping, dosis yang tepat dan interaksi obat yang berpotensi sebelum mengambil obat herbal untuk membantu mengobati diabetes tipe 2 anda.

Apa itu diabetes?


Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis di mana pankreas gagal untuk menghasilkan jumlah hormon insulin yang cukup. Bila Anda mengkonsumsi makanan, kadar gula darah Anda meningkat. Dalam merespon meningkatnya kadar gula darah, insulin yang diproduksi di Islet Langerhans  di pankreas, dilepaskan ke dalam aliran darah Anda. Kehadiran insulin dalam darah anda adalah sinyal untuk otot Anda, hati dan sel-sel lemak untuk mengambil glukosa dari aliran darah anda, di mana disimpan sebagai glikogen, sumber utama energi bagi tubuh Anda. Karena penderita diabetes kekurangan insulin yang cukup atau tidak responsif terhadap insulin, kadar gula darah tetap tinggi, menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan dari waktu ke waktu.

Apa itu Diabetes Tipe 2?



Diabetes tipe 2 juga dikenal sebagai diabetes onset dewasa atau diabetes tidak tergantung insulin. Diabetes tipe 2 sering lambat terdiagnosis dan disebabkan terutama oleh faktor gaya hidup, seperti kurang olahraga  dan pola makan yang buruk, serta keturunan. Tanda-tanda dan gejala yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 umumnya termasuk rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, penurunan berat badan, kelelahan, perubahan penglihatan, penyembuhan luka lambat dan perubahan kulit tertentu. Jika Anda tidak aktif, kelebihan berat badan, berumur 45 tahun ke atas dan memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 2, anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan diabetes tipe 2.

Pengobatan herbal pada diabetes tipe 2


Banyak obat herbal diabetes telah digunakan untuk membantu mengobati diabetes tipe 2. Diantara herbal tersebut kebanyakan adalah untuk mengontrol dan menurunkan gula darah. Menurut Dr. Sharol Tilgner, penulis buku " Herbal Medicine from the Heart of the Earth," tumbuh-tumbuhan tertentu memiliki hipoglikemik, atau penurun gula darah. Contoh tumbuhan hipoglikemik termasuk fenugreek, bawang putih, Gymnema dan lain-lain. Beberapa herbal ini digunakan untuk kedua tujuan, kuliner dan obat. Semua dari mereka dapat dikonsumsi sebagai suplemen herbal. Gymnema adalah salah satu dari beberapa herbal yang dapat membantu memulihkan fungsi pankreas anda.

Herbal tertentu dapat digunakan sebagai pengganti gula, yang mungkin sangat membantu bagi penderita diabetes dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol. Pengganti gula yang mungkin termasuk herbal Gymnema, stevia dan licorice. Dr Michael T. Murray, seorang dokter naturopati dan penulis buku "The Healing Power of Herbal," menyatakan bahwa Gymnema dapat meningkatkan kontrol glukosa darah anda. The Memorial Sloan-Kettering Cancer Center mencatat bahwa stevia berkali-kali lebih manis dari sukrosa, atau gula biasa, bahkan tidak menyebabkan fluktuasi kadar gula darah anda. Licorice juga lebih manis dari gula biasa, tetapi tidak mempengaruhi kadar glukosa darah anda ke tingkat yang terukur.

Peringatan


Obat herbal untuk diabetes bisa memberi efek yang kuat pada tubuh anda dan harus digunakan di bawah perawatan dan bimbingan seorang profesional perawatan kesehatan yang berkualitas seperti dokter. Anda harus menghindari beberapa herbal jika anda sedang hamil. Bertemu dengan dokter anda untuk diskusikan dosis yang tepat, potensi efek samping dan kemungkinan interaksi obat sebelum mengambil obat herbal untuk membantu mengobati diabetes tipe 2 anda.

1 comments: