Thursday, October 15, 2015

Apakah Wortel Bisa Menaikkan Gula Darah?

Wortel merupakan salah satu sayuran yang baik dan banyak manfaat untuk penderita diabetes. Wortel merupakan sayuran yang kaya nutrisi, memberikan sejumlah besar serat, kalium dan vitamin A, C dan K. Namun, wortel juga mengandung karbohidrat, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kadar gula darah anda. Namun begitu, wortel tidak mungkin menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah jika Anda mengatur konsumsi wortel karena indeks glikemik rendahnya.
Apakah Wortel Bisa Menaikkan Gula Darah?

Kandungan karbohidrat wortel

Secangkir irisan wortel mentah mengandung 11,7 gram karbohidrat, dan jumlah yang sama dari irisan wortel direbus memiliki 12,8 gram karbohidrat. Ini hanya sedikit kurang dari 15 gram karbohidrat yang membentuk satu porsi karbohidrat untuk diabetes. Penderita diabetes biasanya membatasi karbohidrat mereka sekitar 45 sampai 60 gram sekali makan untuk membantu menjaga kadar gula darah yang tepat.

Indeks glikemik wortel

Anda dapat menggunakan indeks glikemik untuk memperkirakan bagaimana sebuah makanan akan mempengaruhi kadar gula darah Anda. Makanan dengan skor di bawah 55 dianggap rendah pada skala ini dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah Anda. Wortel rebus memiliki GI antara 32 dan 49, sedangkan wortel mentah memiliki nilai yang jauh lebih rendah dari sekitar 16. Semakin lama Anda memasak makanan ada kemungkinan semakin tinggi nilai GI.

Hal yang perlu dipertimbangan

Apakah Anda memasak wortel tersebut, bagaimana Anda memasaknya, berapa lama Anda memasaknya semua akan mempengaruhi indeks glikemik secara keseluruhan. Acar wortel memiliki GI rendah karena adanya tambahan asam. Makan makanan rendah GI, seperti wortel, sebagai bagian dari makanan yang mengandung makanan yang lebih tinggi pada indeks glikemik, seperti nasi atau pasta, membantu efek keseluruhan dari makanan pada kadar gula darah anda lebih rendah.

0 comments:

Post a Comment