Sunday, May 24, 2015

Manfaat Jus Wortel Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolik di mana kadar gula seseorang dalam darah yang tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena tubuh memproduksi insulin kurang dari yang dibutuhkan atau ketika sel-sel tidak lagi merespon insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Diabetes adalah penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan. Satu-satunya cara untuk mengobati diabetes adalah dengan mengelola penyakit dengan mengontrol kadar gula darah.



Merawat diabetes dapat dilakukan dengan pemberian obat yang tepat, olahraga, dan tentu saja diet yang paling penting. Pada artikel ini, kita membahas hubungan antara wortel dan diabetes.

Jus wortel untuk diabetes


Dengan diet terkontrol, penderita penyakit gula atau diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, kuat dan normal.

Meskipun sebagian besar makanan yang dikonsumsi penderita diabetes mirip dengan yang bukan penderita diabetes, penderita diabetes harus memperhatikan indeks glikemik makanan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi harus dihindari.

Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa jus wortel dicampur dengan jus buah bit adalah baik untuk orang diabetes, penelitian lainnya menghasilkan teori yang berbeda. Hasil menunjukkan bahwa jus wortel harus dihindari.

Alasan wortel harus dihindari bahwa indeks glikemik gula dan wortel adalah sama, yaitu sangat tinggi. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa gula akan menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah secara mendadak, sementara wortel menyebabkan gula darah naik secara perlahan, kadar gula tidak melonjak secara tiba-tiba.

Sementara masih belum cukup studi untuk mengkonfirmasi teori mana yang benar, secara umum dapat diterima bahwa jus wortel bermanfaat untuk penderita diabetes, meskipun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah wortel yang disarankan untuk penderita diabetes adalah porsi kecil (1/4 cangkir per orang) jus wortel mentah.

Mengapa wortel baik untuk kesehatan?


Wortel kaya akan nutrisi lain seperti vitamin A, B dan C, kalsium, dan kalium. Bahkan, wortel sering dianggap manfaatnya sama banyaknya dengan ginseng.

Seperti disebutkan di atas, penderita diabetes dapat mengkonsumsi jus wortel porsi kecil dicampur dengan jus bit.

Jus wortel juga dapat dicampur dengan buncis dan kubis Brussel karena mengandung bentuk alami dari insulin, yang berfungsi membantu pankreas. Jus wortel dicampur dengan jus lemon juga sangat bermanfaat karena meningkatkan sirkulasi. Selain itu, wortel kaya akan serat, antioksidan, dan fitonutrien, yang sangat baik bagi penderita diabetes karena nutrisi tersebut membantu menjaga tubuh tetap kuat, meningkatkan imunitas, dan menjaga penyakit yang berhubungan dengan diabetes lainnya.

Efek samping wortel untuk penderita diabetes


Seperti disebutkan sebelumnya, wortel memiliki indeks glikemik. Ini berarti bahwa terlalu banyak wortel dapat menghasilkan lonjakan kadar gula darah. Sebaiknya and berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan wortel dalam diet anda.

Demikian artikel tentang jus wortel untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

1 comments: