Monday, February 22, 2016

Boleh atau Tidak Penderita Diabetes Minum Kopi?

Ketika anda menderita diabetes tipe 2 saat itu juga anda harus berkomitmen untuk menghindari makanan dan minuman pantangan diabetes guna mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kopi biasanya mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat yang berarti penderita diabetes bisa memasukkan kopi dalam bagian diet,  menurut American Diabetes Association. Namun, meskipun kopi hanya mengandung sedikit karbohidrat, ternyata kandungan kafein dalam kopi patut dicermati. Mungkin anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memutuskan menikmati kopi, berapa banyak anda diijinkan meminum kopi atau malah tidak diizinkan sama sekali.

bolehkah penderita diabetes kencing manis minum kopi


Kopi dan diabetes


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal " Effects of Coffee Consumption on Fasting Blood Glucose and Insulin Concentrations" tahun 2009 meneliti bagaimana  konsumsi kafein yang tinggi secara rutin selama 4 minggu, telah terbukti merusak sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal "Diabetes Care" edisi Agustus 2004 meneliti bagaimana minum minuman berkafein tinggi mempengaruhi metabolisme karbohidrat pada penderita diabetes tipe 2. Mereka menemukan fakta bahwa ketika diabetes tipe 2 mengkonsumsi minuman berkafein dengan makanan yang mengandung karbohidrat menyebabkan glukosa berlebihan dalam darah.

Manfaat kopi mencegah diabetes


Jika kafein memberikan dampak kurang menguntungkan bagi penderita diabetes tipe 2, senyawa lain pada kopi ternyata memberikan manfaat baik terutama untuk yang tidak menderita diabetes. Kopi telah terbukti menurunkan risiko dari beberapa penyakit diantaranya diabetes tipe 2, kanker endometrium dan kanker prostat agresif, penyakit kardiovaskular, stroke, penyakit alzheimer, dan penyakit parkinson.

Kopi mengandung polifenol, yang merupakan molekul dengan sifat antioksidan yang secara luas diyakini membantu mencegah penyakit inflamasi, seperti diabetes tipe 2, dan sifat anti kanker (anti kanker).

Kopi juga mengandung mineral magnesium dan kromium. Asupan magnesium lebih besar telah dikaitkan dengan penurunan resiko menderita diabetes tipe 2. Parpaduan semua nutrisi tersebut dapat membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu untuk mengimbangi efek kurang menguntungkan dari kafein.

Kopi Tanpa Kafein untuk diabetes


Karena kafein pada kopi menghambat sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2, maka hindari minum kopi setelah mengkonsumsi makanan berkabohidrat tinggi. Selain itu, kopi tanpa kafein juga bisa jadi pilihan. Gunakan sedikit gula atau pemanis alternatif atau lebih baik lagi jika tanpa gula dengan porsi 1 cangkir dan minumsedikit demi sedikit agar rasa kopi bisa benar-benar bisa dinikmati.

Demikian artikel kami tentang boleh atau tidak penderita diabetes minum kopi, semoga bermanfaat.

1 comments: