Thursday, April 14, 2016

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Nasi Putih?

Setelah anda mengetahui bahwa anda menderita diabetes, anda mulai memperhatikan segala sesuatu yang anda makan. Setiap makanan yang anda pilih harus menunjang dan menjaga kesehatan anda. Menurut American Diabetes Association, makanan yang seharusnya dikonsumsi penderita diabetes terdiri dari enam kelompok penting makanan, yaitu sayuran non-tepung, susu, buah, daging dan pengganti daging, lemak, serta biji-bijian dan sayuran yang mengandung zat tepung.

nasi putih untuk penderita diabetes

Apakah penderita diabetes boleh makan nasi putih?


Jadi apakah penderita diabetes boleh makan nasi putih? Ya boleh dengan porsi yang terbatas. Karbohidrat merupakan penyebab gula darah naik. Penderita diabetes sudah seharusnya merencanakan total asupan karbohidrat harian. Jika anda konsisten dalam mengatur total asupan karbohidrat maka gula darah anda akan lebih stabil. Dokter umumnya merekomendasikan bahwa perempuan mengkonsumsi 45 sampai 60 gram karbohidrat untuk sekali makan dan laki-laki antara 60 sampai 75 gram, dalam buku  ahli diabetes Patti Geil dan Tami Ross dituliskan penderita diabetes idealnya menerima asupan buah-buahan, sayuran, produk susu dan biji-bijian, seperti gandum, barley dan beras.

Porsi atau takaran nasi putih untuk diabetes


Satu porsi nasi putih setengah cangkir  (70 gram) berisi sekitar 15-20 gram karbohidrat. Jika anda menentukan  untuk mengkonsumsi karbohidrat total antara 45 sampai 60 gram sekali makan, anda bisa memasukkan porsi setengah cangkir beras nasi putih. Namun sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih sayuran, buah-buahan, dan susu karena makanan tersebut juga mengandung karbohidrat.  Ketika total karbohidrat makanan anda sudah mendekati ambang batas, sebaiknya jangan memilih buah-buahan yang mengandung banyak gula seperti mangga, pisang, dan anggur. Buah alpukat adalah salah satu buah yang memiliki sedikit gula.

Nasi Putih untuk penderita diabetes


Tidak semua nasi putih akan memberikan efek yang sama dalam mempengaruhi gula darah. Dari sebuah artikel beras untuk diabetes di situs kompasiana, beras berindeks glikemik rendah cenderung bertekstur pera karena beramilosa tinggi contohnya Batang Lembang (IG = 54) dan IR 36(IG = 45). Beras ciherang (IG=54) juga memiliki indeks glikemik rendah dengan amilosa sedang sehingga pulen.

Beras merah, pengganti beras putih untuk penderita diabetes


Beras merah yang dikenal memiliki banyak manfaat ini juga bagus juga digunakan sebagai pengganti beras putih untuk penderita diabetes. Kandungan pigmen antosianinnya yang merupakaan sumber pewarna dari biji-bijian dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit komplikasi diabetes seperti jantung koroner,hipertensi bahkan kanker. Menurut penelitian dari Michingan State University, mengkonsumsi makanan mengandung antosianin dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50%. Namun perlu diingat, meski beras merah bermanfaat namun penderita diabetes tetap harus membatasi porsinya. Bagaimanapun beras merah tetap mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik sedang.

Seorang penderita diabetes tetap harus mendapatkan asupan karbohidrat namun dalam jumlah yang terbatas dan terkontrol. Demikian artikel kami tentang bolehkah penderita diabetes makan nasi putih, semoga bermanfaat.

sumber: kompasiana

0 comments:

Post a Comment