Thursday, May 5, 2016

Manfaat Brokoli Untuk Diabetes

Penderita diabetes harus berhati-hati pada setiap makanan yang mereka konsumsi untuk menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil. Meskipun rencana pola makan yang matang membuat anda bisa makan berbagai makanan, setidaknya dalam kadar yang dibatasi. Brokoli adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat untuk penderita diabetes. Anda bisa menambahkan brokoli sebagai bagian dari menu makanan sehat anda.

manfaat brokoli untuk diabetes
credit: David Monniaux - wikipedia

Brokoli dan Diabetes

Dalam porsi setengah cangkir brokoli mengandung 5 gram serat dan hanya mengandung 50 kalori. Brokoli sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan bahan kimia tertentu dalam brokoli dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah yang disebabkan oleh diabetes. Dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Diabetes" di tahun 2008 dimana studi ini dipimpin oleh Paul Thornalley menemukan fakta bahwa sulforaphanes yang terkandung dalam brokoli dapat membantu mengaktifkan enzim pelindung yang berguna untuk membatasi tipe kerusakan sel ini. Penelitian dilakukan di laboratorium menggunakan sulforaphane dan pembuluh darah yang rusak akibat tingginya gula darah, yang sebenarnya masih cukup jauh untuk membuktikan manfaat makan brokoli akan mencegah kerusakan karena diabetes, menurut U.K. National Health Service. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui efeknya jika diterapkan pada manusia.

Potensi manfaat lain brokoli bagi penderita diabetes

Ada beberapa potensi manfaat sehat brokoli bagi penderita diabetes. Sulphurophanes dan fitonutrien lainnya dalam brokoli juga dapat menurunkan risiko kanker. Kedua senyawa tersebut membantu menghilangkan racun dari tubuh, melawan radikal bebas dan membantu menghentikan pembelahan sel kanker. Makan brokoli dapat memperlambat penyebaran sel-sel kanker pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Clinical Cancer Research" pada tahun 2010 menyatakan bahwa sulphurophanes dalam brokoli dapat membantu mencegah perkembangan dan penyebaran kanker.

Brokoli merupakan makanan sehat yang sangat bergizi untuk penderita diabetes. Satu porsi setengah cangkir mengandung 220 persen nilai harian untuk vitamin C, 50 persen nilai harian untuk vitamin A, 20 persen nilai harian untuk folat, 15 persen nilai harian untuk vitamin B-6, 10 persen nilai harian untuk fosfor, magnesium dan riboflavin, 8 persen nilai harian untuk tiamin, kalsium dan zat besi dan 6 persen nilai harian untuk niacin dan seng. Satu porsi brokoli adalah bebas lemak dan memberikan 5 gram protein dan 10 gram karbohidrat.

Brokoli dapat menjadi bagian dari diet yang sehat, karena memberikan banyak nutrisi dan memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. 

Demikian artikel kami tentang manfaat brokoli untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment