Saturday, May 7, 2016

Makanan Sayuran Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering diderita pula oleh penderita diabetes. Secara luas, obesitas, lemak tinggi, konsumsi tinggi sodium, dan kurang aktifitas diasumsikan telah menyebabkan meningkatnya resiko menderita darah tinggi pada penderita diabetes.
makanan sayuran sehat penderita diabetes dan darah tinggi
credit: Donovan Govan - wikipedia

Makanan sehat untuk penderita diabetes dan darah tinggi


Orang yang menderita komplikasi diabetes dan hipertensi harus menjaga baik gula darah maupun tekanan darah dalam kisaran normal. Hal ini tentu saja berkaitan dengan apa saja yang kita makan. Menurut Harvard University, dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan rendah karbohidrat olahan dapat mencegah atau menurunkan gula darah, dan sifat dari sayuran tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kaya antioksidan yang akan melindungi sel-sel anda dari kerusakan. Menurut University of Maryland Medical Center, bawang putih cukup populer dikenal sebagai obat aternatif baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit kardiovaskular.  Khususnya, bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol dan atherosclerosis semacam penyempitan pembuluh darah yang dapat menaikkan tekanan darah. Bawang putih dipecah dalam tubuh menjadi senyawa yang mengandung belerang yang dapat memicu pembuluh darah untuk melepaskan hidrogen sulfida. Yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar, menjaga tekanan darah turun. Penelitian awal juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengontrol gula darah. Namun, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memverifikasi apakah bawang putih dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Bayam

Bayam adalah opsi lain makanan untuk penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Bayam memiliki kandungan magnesium yang membantu untuk menurunkan tekanan darah sehingga menambah bayam pada menu makanan anda dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.
Kandungan karbohidrat bayam juga relatif rendah, hanya 0,83 g dalam porsi 1 cangkir. Jadi mengkonsumsi bayam tidak akan menyebabkan  gula darah anda melonjak. Bayam disebut juga mengandung alpha-lipoic acid, antioksidan yang mampu menurunkan kadar gula darah. 

Kubis

Sama halnya dua sayuran di atas, kubis juga dapat memiliki manfaat bagus dalam hal untuk gula darah dan tekanan darah. Kubis merupakan sumber karbohidrat kompleks yang tentunya tidak akan mengakibatkan lonjakan darah karena gula dilepaskan secara perlahan selam proses pencernaan. University of Wisconsin mengungkapkan bahwa kubis juga mengandung kalium yang menguntungkan untuk menurunkan tekanan darah. 

Hasil penelitian yang di publikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada September 2008 mengungkapkan ekstrak kubis merah yang diberikan pada tikus dengan penyakit diabetes selama 60 hari menunjukkan hasil penurunan kadar glukosa darah. Namun tentu saja hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Pertimbangan

Anda bisa mengkonsumsi sayuran untuk diabetes dan tekanan darah tinggi di atas dengan menggunakannya pada berbagai masakan. Kurangi penggunaan garam karena sodium pada garam bisa mempengaruhi tekanan darah.

Demikian artikel kami tentang makanan sayuran untuk penderita diabetes dan darah tinggi, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment