Monday, October 5, 2015

Makanan Tinggi Serat Untuk Penderita Diabetes

Manfaat dari mengkonsumsi sumber makanan tinggi serat bagi penderita diabetes adalah membantu mengontrol berat badan dan tingkat gula darah. Banyak penderita diabetes harus menghitung dan membatasi jumlah karbohidrat yang mereka makan untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman. Mengkonsumsi makanan kaya serat sangat membantu dalam mengatasi gula darah melonjak.
Banyak makanan tinggi serat memiliki gula, lemak dan kalori alami yang rendah juga, yang membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko komplikasi diabetes. FDA merekomendasikan 25 g rata-rata asupan harian serat makanan untuk orang dewasa.
Makanan Tinggi Serat Untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah makanan kaya serat untuk penderita diabetes

 Buah

Diet diabetes harus membatasi buah dengan kandungan gula tinggi, terutama buah-buahan kering, yang telah terkonsentrasi gula. Buah jenis berri dan jeruk yang kaya akan serat merupakan sumber makanan buah bisa dikonsumsi, menurut American Diabetes Association (ADA). Pir domestik dan Asia juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Sebuah pir memiliki 10 g serat, sementara 1 cangkir blackberry segar dan raspberry memiliki 7 g dan 8 g, sesuai dengan database USDA Nutrient. Jeruk dan blueberry berkontribusi memberikan serat dengan jumlah sedang.

Sayuran oranye

Ubi jalar dan sayuran berwarna oranye lainnya, seperti labu, waluh dan wortel, memberikan serat tinggi dengan kalori yang relatif rendah. ADA menunjukkan bahwa ubi panggang, dengan 5 g serat makanan, berdampak kecil pada kadar gula darah daripada kentang biasa dan sayuran oranye lainnya.

Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan sumber makanan dengan nilai tambah untuk diet diabetes, dengan kalori dan gula yang sangat rendah, dan nutrisi yang bermanfaat sangat padat, termasuk serat.  USDA memberikan banyak sekali pilihan untuk sayuran dengan  kandungan serat 5 g dan lebih. Dalam 1 cangkir, sayuran masak seperti lobak hijau, brokoli, kubis Brussel, bayam dan artichoke memberikan kandungan serat yang tinggi.

Whole grain

Roti whole grain (gandum utuh), beras merah dan barley merupakan sumber makanan kaya serat. Beberapa sereal siap makan terlalu banyak karbohidrat sederhana, atau gula, dan kadar serat rendah dari biji-bijian olahan. Tapi varietas gandum lainnya memiliki kandungan rendah gula dan memaksimalkan karbohidrat kompleks dan serat, membuat mereka cocok untuk diet diabetes. Makanan dengan 5 g serat atau lebih per porsi menyediakan setidaknya 20 persen dari kebutuhan serat harian.
Kacang-kacangan

Kedelai, kacang polong, dan lentil merupakan kacang dengan kandungan gizi yang padat. Porsi satu cangkir atau setengah cangkir akan membatasi kalori dalam sumber makanan tinggi serat ini dan juga menyediakan potasium yang signifikan, mineral yang membantu mengatur gula darah.

USDA melaporkan bahwa kacang navy, kacang kapri dan lentil semua memiliki 16 g atau lebih serat dalam 1 cangkir. Pilihan tambahan mencakup kacang pinto, kacang arab, kacang tolo dan kacang kedelai, semua dengan 10 g serat dan lebih per cangkir.

0 comments:

Post a Comment