Monday, February 5, 2018

Pilihan Ikan Terbaik Untuk Lauk Makan Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi fungsi kemampuan tubuh dalam memproses dan menyimpan gula dari makanan yang dimakan. Tubuh menjadi kurang atau tidak merespons insulin, yang  menyebabkan glukosa tidak bisa dikeluarkan dari darah setelah makan. Sementara sebagian besar penderita diabetes dapat menikmati semua makanan dengan terkontrol, pilihan diet seharusnya terdiri dari makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral. Ikan merupakan pilihan yang bagus untuk penderita diabetes.

pilihan ikan terbaik yang bagus untuk lauk pengganti daging penderita diabetes


Memilih ikan sebagai lauk makan alternatif pengganti daging untuk penderita diabetes adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena menyediakan banyak nutrisi yang ditemukan dalam daging tetapi tanpa lemak jenuh dan kalori yang tidak perlu. Ikan dianggap membantu penderita diabetes menghindari komplikasi paling mematikan dari diabetes adalah penyakit jantung. Pakar diabetes merekomendasikan makan ikan untuk kesehatan kardiovaskular. Makan ikan seminggu sekali dapat mengurangi risiko anda hingga 40 persen, menurut sebuah studi di Harvard School of Public Health. Asam lemak pada ikan mengurangi resistensi insulin dan pembengkakan pada tubuh yang merupakan penyumbang utama penyakit koroner.

Ikan yang bagus untuk penderita diabetes

Dibawah ini adalah beberapa jenis ikan yang memiliki nutrisi lebih baik untuk membantu menjaga kesehatan penderita diabetes.

Ikan salmon

Salmon adalah ikan yang kaya protein dan asam lemak omega-3, namun rendah lemak jenuh yang baik untuk penderita diabetes. Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes berisiko tinggi terkena penyakit jantung, dan lemak omega-3 penting bagi kesehatan kardiovaskular Anda. Omega-3 menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, memperlambat laju plak yang terbentuk di arteri Anda dan mengurangi risiko pengembangan ritme jantung abnormal. Salmon yang mengandung protein tanpa lemak yang akan menyebabkan penurunan berat badan, dan protein telah terbukti membantu mengatur gula darah Anda. Salmon juga rendah merkuri, dan dapat dengan aman dikonsumsi hingga 300 gram per minggu. Pilih memasak salmon dengan dipanggang, ketimbang dibakar atau digoreng.

Ikan Haring

Ikan Haring atau Herring adalah pilihan ikan yang sangat baik untuk penderita diabetes karena kandungan nutrisinya. Pertama dan terutama, ini adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D. Banyak manfaat lain dari vitamin D selain tulang dan gigi yang kuat. Kekurangan vitamin D sering dikaitkan dan menjadi faktor dalam banyak penyakit, seperti sklerosis ganda dan diabetes.

Selain itu, Haring mengandung dengan EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak ini membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga otak tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, kedua nutrisi tersebut juga efektif mengurangi peradangan di tubuh.

Ikan Sarden

Sarden juga merupakan sumber lemak omega-3 yang baik, dan rendah lemak jenuh sehingga bagus untuk penderita diabetes. Sarden mengandung kalsium sebanyak segelas susu, vitamin B3, protein dan zat besi. Ikan sardin mudah sekali didapatkan, baik membelinya segar atau kalengan dan dikemas dalam minyak. Dan yang paling penting, ikan sarden juga mengandung hanya sedikit merkuri.

Ikan Kod

Selain sebagai sumber protein yang berkalori rendah, ikan kod mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting dan juga terbukti berguna dalam sejumlah kondisi kesehatan yang berbeda.

Ikan kod adalah pilihan yang sangat baik untuk mencegah penyakit berkaitan dengan kardiovaskular karena ini adalah sumber asam lemak omega-3 penguat darah yang baik dan sumber vitamin B12 dan vitamin B6 yang sangat baik. Kedua vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga molekul berbahaya yang disebut homosistein tetap pada level rendah atau aman. Homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah secara langsung dan kadar yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Ikan Tuna

Ikan Tuna adalah varietas ikan yang sangat bagus dan rendah kalori untuk diet diabetes anda. Tuna memberi anda protein, asam lemak omega-3, vitamin D dan zat gizi mikro penting lainnya. Karena banyak penderita diabetes berjuang dengan tingkat kolesterol darah tinggi, tuna adalah pilihan yang tepat karena tidak mengakibatkan lonjakan darah dan menjaga jantung tetap sehat. Ini karena tuna mengandung sedikit atau tanpa karbohidrat dan lemak jenuh.

Ikan nila

Nila adalah ikan rendah lemak dan protein tinggi yang mudah ditemukan di pasaran. Nila sangat bagus untuk penderita diabetes karena tidak memiliki karbohidrat dan kaya akan serat, yang bermanfaat bagi penderita diabetes dalam mengurangi risiko darah tinggi.

Nila juga kaya akan nutrisi penting yang sangat membantu tubuh termasuk vitamin E dan vitamin C. Nila juga mengandung selenium, yang dapat membantu menyeimbangkan atau menormalkan kadar glukosa dalam darah. Meskipun nila adalah pilihan ikan yang bagus untuk penderita diabetes, namun sebaiknya konsumsi ikan nila hanya sebagai alternatif saja. Hal ini karena kadar asam lemak omega 6 yang jauh lebih tinggi dari omega 3 dan diduga menyebabkan peradangan dalam tubuh. Meskipun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Ikan Makerel (Tengiri dan Kembung)

Ikan makarel Pasifik termasuk ikan kembung dan makerel adalah ikan berlemak yang mengandung sekitar 3,2 gram asam lemak omega 3 per 170 gram. Tingkat asam lemak yang tinggi ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Makarel juga merupakan sumber protein, zat besi, riboflavin, vitamin B12, selenium dan niacin yang baik. Ikan makerel Atlantik juga pilihan yang baik karena rendah merkuri. Namun pastikan untuk menghindari king makerel karena kandungan merkuri yang tinggi.

Daging merupakan makanan tinggi kolesterol yang dapat menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes. Namun di sisi lain, daging juga mengandung nutrisi hewani yang diperlukan tubuh. Ikan merupakan alternatif pilihan yang tepat untuk penderita diabetes dalam mendapatkan nutrisi penting untuk tubuh.

Peringatan : Bagi penderita diabetes dan asam urat sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan, karena sebagian besar ikan mengandung purin cukup tinggi yang berdampak buruk pada penderita asam urat.

Demikian artikel kami mengenai  pilihan ikan yang bagus untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment