Tuesday, January 30, 2018

6 Pengobatan diabetes Dengan Cara alami

Salah satu tujuan utama pengobatan diabetes secara alami adalah mengendalikan kadar gula darah serta untuk mencegah komplikasi penyakit dengan alami dan lebih sedikit efek samping. Kabar baiknya adalah ada sejumlah ramuan pengobatan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatur kadar gula darah dan mudah untuk anda buat sendiri. Ramuan tersebut aman dan alami, dan banyak juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda bisa mengendalikan kadar gula darah Anda, Anda bisa menjalani kehidupan normal tanpa gejala penyakit yang mengganggu Anda.

makanan pengobatan diabetes secara alami
Credit : Aravind Sivaraj

6    Ramuan obat alami untuk sembuhkan diabetes


Berikut adalah beberapa perawatan diabetes yang bisa anda coba untuk mengatur kadar gula darah:

1. Okra

Okra, yang bentuknya seperti jari wanita yang cantik, terkenal karena kemampuannya membantu mengatur kadar glukosa darah. Ini mengandung molekul polifenol yang tidak hanya mengurangi kadar gula darah, tapi juga membantu dalam mengendalikan diabetes. Studi juga menemukan bahwa okra kupas dan bubuk bijinya dapat menurunkan kadar kolesterol dan memiliki sifat anti diabetes.
  • Ambillah beberapa okra, potong ujungnya dan gunakan garpu, tusuk di beberapa tempat.
  • Rendam okra dalam semalam dengan segelas air.
  • Di pagi hari, angkat okra dari gelas dan minumlah air ketika perut masih kosong.
  • Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Selain itu, pastikan anda memasukkan okra dalam makanan Anda.
2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki sejumlah khasiat obat yang menjadikannya obat alami untuk diabetes yang sangat baik untuk sejumlah kondisi kesehatan dan penyakit, termasuk diabetes. Gel pada lidah buaya membantu menurunkan kadar gula darah puasa. Gel lidah buaya mengandung pitosterol yang memiliki efek anti-hiperglikemik pada diabetes tipe 2. Untuk mengendalikan gula darah, anda bisa membuat jamu ramuan obat diabetes alami dengan menggabungkan gel lidah buaya, kunyit dan daun salam.

Berikut adalah resep sederhana ramuan obat alami diabetes dengan lidah buaya
  • Campur 1 sendok makan gel lidah buaya dengan masing-masing 1/2 sendok teh bubuk daun kunyit dan daun salam.
  • Konsumsilah campuran ini 2 kali sehari, sebelum makan siang dan makan malam.
3. Daun kari / Salam koja

Daun kari memiliki sifat anti-diabetes yang membuatnya berguna dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Dipercaya bahwa ada nutrisi pada daun ini yang mengurangi tingkat pati yang dipecah menjadi glukosa pada pasien diabetes. Daun kari juga membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan obesitas.
  • Kunyah sekitar 10 daun kari segar setiap pagi.
  • Untuk hasil terbaik, lakukan ini setiap hari selama 3 sampai 4 bulan.
4. Kayu manis

Bubuk kayu manis merangsang aktivitas insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah. Komponen bioaktif yang mengandung nutrisi yang membantu dalam memerangi dan mencegah diabetes. Ada beberapa uji coba yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat bekerja sebagai pilihan efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe II yang kurang terkontrol.
  • Campur 1/2 sampai 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air hangat. Minum ini sekali sehari.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa meletakkan 2 sampai 4 batang kayu manis dalam 1 gelas air mendidih dan biarkan terendam selama 20 menit. Minum larutan ini setiap hari sampai Anda melihat adanya perbaikan.
  • Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke smoothies, susu hangat dan minuman serta makanan panggang.
Namun, perlu diketahui bahwa dalam memilih kayu manis untuk pengobatan alami diabetes sebaiknya tidak sembarangan. Jangan memilih kayu manis jenis Cassia, karena kayu manis ini  mengandung senyawa beracun yang dikenal sebagai kumarin yang meningkatkan risiko kerusakan hati. Ada lagi varietas kayu manis yang disebut kayu manis Ceylon yang dianggap lebih aman untuk kesehatan. Namun sayangnya belum ada studi yang membandingkan khasiat dan efek samping dari kedua jenis kayu manis.

5. Daun Mangga

Daun mangga diketahui mengatur kadar insulin dalam darah, dan karena itu bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Daun mangga juga dikenal bermanfaat dalam profil lipid darah.
  • Rendam 10 sampai 15 daun mangga yang masih muda empuk dan sedikit kemerahan dalam 1 gelas air semalam.
  • Saring air keesokan paginya dan minumlah saat perut kosong.
  • Anda juga bisa menggiling daun ini setelah mengeringkannya di tempat teduh. Makan 1/2 sendok teh daun mangga bubuk 2 kali sehari untuk mengontrol kadar gula darah.
6. Fenugreek

Fenugreek atau kelabat dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah, mengendalikan diabetes dan memperbaiki toleransi glukosa. Kelabat juga bekerja dalam merangsang sekresi insulin. Fenugreek memiliki kandungan serat tinggi, sehingga efektif memperlambat penyerapan gula dan karbohidrat.
  • Rendam 2 sendok makan biji fenugreek semalaman di air.
  • Minum campuran bersama dengan biji pada saat perut kosong di pagi hari.
  • Rutin mengkonsumsi obat alami diabetes ini setiap hari akan membantu menurunkan kadar glukosa Anda.
  • Anda juga bisa makan 2 sendok makan bubuk fenugreek dengan susu setiap hari.
Seperti yang bisa Anda lihat, ada banyak pengobatan diabetes secara alami yang efektif yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengendalikan diabetes. Ini alami dan aman, yang berarti minim efek samping. Namun, jika anda juga minum obat diabetes, anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan pengobatan diabetes dengan cara alami ini.

0 comments:

Post a Comment