Wednesday, September 30, 2015

Asam Urat dan Diabetes

Rematik asam urat atau biasa disebut dengan penyakit asam urat saja adalah salah satu bentuk penyakit yang menyerang bagian persendian (radang sendi) yang disebabkan oleh tingginya tingkat asam urat. Data WHO menyebutkan, Indonesia merupakan negara ke 4 di dunia yang paling banyak menderita asam urat. Asam urat di Indonesia diketahui diderita sekitar 35% pria di bawah 34 tahun menurut Buletin Natural.

Penelitian menunjukkan bahwa penderita asam urat secara signifikan lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan bukan penderita asam urat.
Asam urat dan diabetes

Asam Urat dan Diabetes


Sejumlah makalah penelitian telah menunjukkan hubungan antara asam urat dan diabetes tipe 2 termasuk studi dari Harvard Medical School, yang diterbitkan pada tahun 2014, yang menunjukkan asam urat dikaitkan dengan 70 peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Menurut temuan sebuah studi baru yang konsisten dengan penyelidikan sebelumnya, peningkatan kadar asam urat berhubungan dengan peningkatan kemungkinan menderita diabetes, tetapi kadar asam urat menurun setelah diabetes didiagnosis.

Para peneliti yang dipimpin oleh Elizabeth Selvin, PhD, dari Johns Hopkins University di Baltimore, menganalisis data dari 11.134 peserta di Atherosclerosis Risk in Communities Study (ARIC) yang tidak memiliki diabetes di pendaftaran studi. Setiap 1 mg / dL kenaikan asam urat dikaitkan dengan 18% peningkatan risiko diabetes yang signifikan, setelah disesuaikan untuk pembaur potensial. Hubungan tersebut tetap signifikan bahkan setelah disesuaikan untuk kadar glukosa dan insulin puasa. Para peneliti melaporkan secara online sebelum dicetak di American Journal of Epidemiology.

Gejala asam urat


Penyakit asam urat ditandai dengan pembengkakan sendi. Pangkal jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena dampak asam urat. Bahkan pada beberapa orang, asam urat bisa mempengaruhi lebih dari satu sendi.

Gejala bisa datang dengan cepat, dengan pembengkakan terjadi dalam beberapa jam. Bengkak sendi bisa sangat menyakitkan dan sensitif terhadap sentuhan. Selama bengkak, kulit yang menutupi sendi mungkin biasanya berubah menjadi merah dan tampak mengkilap.

Pembengkakan dan gejala dapat terjadi selama beberapa hari jika tidak diobati. Setelah peradangan mereda, kulit pada sendi dapat menjadi gatal dan bersisik.

Penyebab asam urat


Asam urat terjadi jika kadar tinggi asam urat dalam darah menyebabkan kristal natrium urat membentuk di dalam dan sekitar sendi. Jika kristal ini tumpah ke ruang sendi, ini dapat menyebabkan sendi meradang.

Faktor risiko


Tingginya kadar asam urat lebih mungkin terjadi jika anda memiliki faktor risiko berikut:
  • Riwayat keluarga penderita asam urat
  • Kegemukan
  • Kondisi medis yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat
  • Pola makan tinggi purin
Kondisi medis yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi termasuk hipoparatiroidisme, leukemia, nefrolitiasis dan gagal ginjal.

Makanan yang sangat tinggi purin antara lain:
  • Jeroan Hewan
  • Ikan Sarden, halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, tuna, herring, teri
  • lobster, tiram, kerang
  • Saus
Makanan lain yang relatif tinggi purin seperti daging merah, ikan berminyak, bayam, asparagus, kacang-kacangan, lentil, oatmeal dan gandum utuh.

Rematik asam urat memiliki gejala yang mirip dengan rematik arthritis (rheumatoid arthritis) sehingga diperlukan tes lebih lanjut untuk mengetahui apakah asam urat sebagai penyebab peradangan.

Mendiagnosis asam urat


Metode diagnosis terbaik adalah untuk menguji adanya kristal asam urat dalam sendi yang terkena. Sebuah jarum didorong dan cairan sinovial dikumpulkan dari sendi dan diperiksa, di bawah mikroskop, untuk mengetahui kadar natrium urat.

Tes darah, sinar-x dan scan ultrasound juga dapat digunakan untuk mendiagnosis asam urat.

Mengobati asam urat


Mengobati asam urat melibatkan langkah-langkah untuk mencegah serangan asam urat dan pengobatan ketika serangan terjadi.

Diet rendah purin adalah merekomendasikan untuk mencegah atau mengurangi risiko asam urat. Menghindari makanan yang tinggi purin. Susu, telur dan buah sayuran termasuk yang rendah atau relatif rendah purin. Hindari alkohol dan makanan minuman manis karena dapat meningkatkan risiko asam urat. Usahakan minum 1,5 liter air sehari.

Mengobati dan menangani serangan asam urat


Jika serangan asam urat terjadi, perawatan akan bertujuan untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit dan mungkin termasuk pengobatan atau perawatan sendiri.

Anda dapat menggunakan kompres es untuk mendinginkan sendi tapi tidak menempatkan es langsung ke kulit dan tidak menggunakan kompres es selama lebih dari 20 menit agar tidak merusak kulit.

Segera minum obat untuk mengobati peradangan anda. Konsultasikan dengan dokter sebelumnya untuk mengetahui obat yang paling cocok untuk anda dalam mengobati serangan asam urat.

Kesimpulan

 Orang yang memiliki kadar asam urat tinggi, termasuk orang-orang yang lebih muda, memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes. Orang yang menderita asam urat diharapkan dapat melakukan perawatan preventif untuk menghindari diabetes dan kondisi terkait.

0 comments:

Post a Comment