Wednesday, April 4, 2018

Efek Samping Penggunaan Obat Diabetes Metformin Jangka Panjang

Metformin adalah obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk membantu mengontrol gula darah penderita diabetes melitus tipe 2. Diabetes merupakan penyakit yang akan membutuhkan kontrol gula darah seumur hidup. Maka dari itu penggunaan metformin untuk jangka panjang. Penderita diabetes yang rutin minum metformin tentu bertanya-tanya, apa efek samping minum metformin dalam jangka panjang.

efek samping penggunaan obat diabetes metformin untuk jangka panjang
credit : public domain
Menjaga pola hidup sehat tentu saja yang utama. Namun tidak semua penderita diabetes bisa konsisten menjalani hal tersebut sehingga membutuhkan bantuan obat-obatan, salah satunya metformin. Metformin bekerja melalui hati dan usus dengan mengurangi sekresi dan penyerapan glukosa ke dalam darah serta meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh. Penggunaan metformin dalam jangka panjang dibutuhkan untuk mencegah terjadi lonjakan gula darah pada  penderita diabetes. Penggunaan obat dalam jangka panjang ini oleh sebagian orang dipercaya menimbulkan efek samping kerusakan ginjal, benarkah demikian?

Apa Efek samping metformin terhadap ginjal?


Metformin sudah diteliti dan dirancang dengan efek samping seminimal mungkin terhadap ginjal. Dosis konsumsi metformin sekitar 500 mg – 2000 mg, sesuai keputusan dokter. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes dibutuhkan hingga seumur hidup. Justru pola hidup yang tidak sehat dan kontrol diabetes yang buruk bisa berdampak buruk. Sebelum penggunaan metformin biasanya dokter akan memastikan kondisi ginjal dalam keadaan baik.  Jika sudah terjadi komplikasi dengan gangguan ginjal, pengobatan akan semakin terbatas.

Efek Samping umum konsumsi Metformin


Malaise
Malaise merupakan suatu kondisi dimana anda merasa lesu, lemas, kurang fit,  atau merasa sedang sakit. Umumnya ini dirasakan pengguna metformin wanita.

Gangguan Gastrointestinal
Efek samping mengkonsumsi metformin yang kadang terjadi adalah diare, mual dan kembung. Biasanya hal ini terjadi pada awal penggunaan metformin dan bersifat sementara. Jika efek samping terus berlanjut, untuk mengatasinya bisa dikonsultasikan dengan dokter anda.

Efek Samping Minum Obat Diabetes Metformin Jangka Panjang


Kekurangan Vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 bisa terjadi sebagai efek samping pengobatan diabetes menggunakan metformin dalam jangka panjang. Hal tersebut terjadi karena metformin dapat mengganggu zat kimia di perut yang disebut faktor intrinsik diperlukan bagi tubuh untuk menyerap vitamin B12. 

Padahal vitamin B12 sangat diperlukan tubuh karena penting untuk sintesis DNA, produksi sel darah merah dan fungsi biokimia lainnya di dalam tubuh. Penurunan vitamin B12 dalam darah dapat menyebabkan anemia megoblastik di mana sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah merah secara memadai. Anemia jenis ini tidak umum terjadi namun bisa terjadi sebagai akibat penurunan kadar vitamin B12 dalam tubuh karena penggunaan metformin jangka panjang. 

Tetapi anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Karena banyak sekali makanan sumber vitamin B12 yang bisa anda konsumsi, seperti ayam, telur, ikan, daging merah, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan. Lebih jelasnya bisa konsultasikan dengan dokter anda.

Efek Samping Penggunaan metformin pada pasien komplikasi ginjal

Asidosis laktat
Asidosis laktat merupakan efek samping penggunaan metformin paling serius meskipun hal ini jarang terjadi. Metformin dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, metformin dapat terakumulasi dalam konsentrasi tinggi yang dapat menyebabkan asidosis laktat. Asidosis laktat yang diinduksi oleh metformin berakibat fatal pada lebih dari 50 persen kasus dan biasanya terjadi pada pasien diabetes dengan disfungsi ginjal yang signifikan. Penggunaan metformin pada penderita diabetes dengan kelainan ginjal memang masih menjadi perdebatan. Namun penderita diabetes dengan kelainan ginjal berat umumnya tidak diperbolehkan mengkonsumsi metformin. Segera cari bantuan medis jika terdapat gejala asidosis laktat, diantaranya:
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri otot atau merasa lemas
  • Merasa pusing, kepala berputar, lelah, dan sangat lemas
  • Mati rasa atau perasaan dingin di tangan dan kaki
  • Sakit perut, mual disertai muntah
  • Detak jantung lambat atau tidak teratur
Kesimpulan
Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi metformin dalam jangka panjang. Dokter akan selalu mempertimbangkan mengenai solusi terbaik untuk kondisi anda. Selalu konsultasikan setiap perubahan yang anda rasakan. Dan jangan lupa jaga pola hidup sehat anda dan hindari makanan pantangan penderita diabetes.

Demikian artikel kami mengenai efek samping mengkonsumsi obat diabetes Metformin jangka panjang, semoga bermanfaat.

Sumber :
Minum Obat Diabetes Jangka Panjang Rusak Ginjal, Kompas
Metformin Obat Diabetes Dengan Seratus Manfaat, Unair

0 comments:

Post a Comment