Saturday, May 28, 2016

18 Buah Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setidaknya 4-5 porsi menurut ahli gizi dan kesehatan. Namun kadang timbul pertanyaan, apakah aman penderita diabetes mengkonsumsi buah-buahan? Jawabannya adalah iya. Buah-buahan justru penting untuk dimasukkan dalam menu diet diabetes anda. Buah-buahan akan memberikan tambahan nutrisi penting dan memberikan kadar gula yang terkontrol meskipun konsumsi buah-buahan juga tetap harus dibatasi.

buah-buahan bagus dan cocok untuk penderita diabetes
credit: Ali ringo - wikipedia

Apa saja buah-buah yang baik untuk penderita diabetes?

Meskipun buah-buahan mengandung nutrisi yang bagus untuk penderita diabetes, namun ada beberapa buah yang harus dibatasi konsumsinya karena indeks glikemik dan beban glikemiknya yang cukup tinggi. Berikut adalah daftar buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Buah kiwi
Buah kiwi kaya akan nutrisi dan sumber yang baik serat makanan sehingga buah yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan nutrisi penting untuk penderita diabetes diantaranya adalah potasium, serat, dan vitamin C. Makanan kaya akan serat bagus bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Potasium dan vitamin C merupakan nutrisi yang bisa mencegah komplikasi diabetes, salah satunya penyakit jantung.

Buah berry
Buah Strawberry, blueberry dan buah berry lainnya merupakan buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi penderita diabetes. Menurut ADA (American Diabetes ), berry adalah makanan super bagi penderita diabetes karena buah-buah tersebut mengemas antioksidan, vitamin, dan serat, ditambah lagi nilai indeks glikemik (GI) rendah.

Anggur merah
Buah anggur memang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, namun jika anda mengkonsumsi dalam jumlah yang dibatasi sesuai kondisi gula dalam tubuh anda maka buah anggur memberikan manfaat yang positif. Resveratrol, sebuah fitokimia yang ditemukan dalam buah anggur merah, memodulasi respon glukosa darah dengan mempengaruhi bagaimana tubuh mengeluarkan dan menggunakan insulin. Maka dari itu buah anggur bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk penderita diabetes.

Apel
Apel salah satu juga buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Bahkan makan sebuah apel sehari dianggap menjauhkan anda dari dokter untuk berobat. Apel mengandung antioksidan, yang membantu mengurangi kadar kolesterol, membersihkan sistem pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel juga mengandung nutrisi yang membantu dalam pencernaan lemak. Sekedar tips ketika mengkonsumsi apel, sebaiknya makan buah apel tanpa mengupasnya, karena kulit buah apel merupakan bagian yang kaya nutrisi.

Buah pir
Buah pir merupakan buah yang kaya vitamin dan serat sehingga bagus untuk penderita diabetes. Buah pir merupakan sumber vitamin K yang cocok untuk memenuhi kebutuhan penderita diabetes akan vitamin tersebut.

Jambu Biji Merah
Jambu biji merah kaya akan vitamin A dan vitamin C sehingga bisa memberikan tambahan nilai vitamin bagi penderita diabetes. Buah jambu merah juga dapat meringankan sembelit yang biasanya juga diderita penderita diabetes karena kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, jambu merah juga memiliki GI cukup rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Jeruk
Buah jeruk mengandung flavonol, flavanon dan fenolik asam yang dapat memberikan perlindungan kesehatan terutama pada penderita diabetes. Mengkonsumsi satu buah jeruk sehari juga sudah mencukupi kebutuhan harian vitamin C anda. Jeruk juga mengandung folat dan kalium, yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Dalam hal metabolisme glukosa, buah jeruk tidak hanya memperlambat kenaikan glukosa, tetapi juga menghambat pergerakan glukosa melalui usus dan hati.

Pepaya
Kandungan antioksidan alami dalam buah pepaya membuatnya menjadi pilihan buah yang cocok untuk penderita diabetes. Penderita diabetes rentan terhadap banyak penyakit, termasuk jantung atau kerusakan saraf yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak teratur. Dengan memasukkan buah pepaya ke dalam diet anda dapat menghambat kerusakan sel dikemudian hari sehingga dapat membuat tubuh tetap sehat.

Semangka
Kandungan kalium yang tinggi membuat buah semangka salah satu buah yang bagus untuk fungsi ginjal dimana juga menjaga kadar asam urat tetap rendah. Buah semangka juga dapat mencegah kerusakan ginjal terutama jika anda penderita diabetes. Kandungan lycopene pada buah semangka juga mampu mengurangi efek kerusakan saraf yang sering terjadi pada penderita diabetes.

Delima

Delima mengandung kombinasi antioksidan yang komplit dari semua buah-buahan dan dapat melindungi Anda dari radikal bebas dan penyakit kronis. Dari sebuah studi kecil, buah delima terbukti mengurangi penyerapan kolesterol "jahat" LDL yang teroksidasi oleh sel imun, yang merupakan faktor utama untuk aterosklerosis.

Persik

Buah persik mengandung vitamin A, B & C, kalsium, zat besi, fosfor dan kalium. Selain buah yang bagus untuk diabetes, persik juga bermanfaat dalam mengobati masalah saraf, anemia, asma, infeksi kandung kemih, batu ginjal, sembelit, masalah lambung, hipertensi dan masalah pencernaan.

Amla

Buah amla sarat akan nutrisi penting  yang menyehatkan tubuh. Amla kaya akan senyawa fenolik seperti flavon dan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C juga tinggi, satu buah amla setara 2 buah jeruk ukuran sedang. Beberapa mineral lainnya diantaranya kalsium, besi dan fosfor dan juga mengandung vitamin B kompleks. Kabar positif lainnya, buah amla menurut penelitian mampu menurunkan gula darah dan mencegah komplikasi neuropati pada diabetes.

Alpukat
Alpukat mengandung kaya lemak tak jenuh tunggal, yang umumnya dianggap paling sehat diantara semua jenis lemak. Para peneliti juga menemukan fakta bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dan rendah karbohidrat berkualitas rendah dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Lemak tak jenuh tunggal juga meningkatkan kesehatan jantung, dimana penderita diabetes sangat berisiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Buah Naga

Buah naga merupakan buah dengan segudang nutrisi yang bagus untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh penderita diabetes. Sebagai sumber serat, buah naga mampu mengontrol gula darah, mengatasi sembelit dan mencegah kanker usus besar. Sementara nutrisi lain seperti vitamin B, kalsium dan zat besi juga terkandung pada buah naga.

Aprikot

Buah aprikot merupakan tambahan yang bagus untuk diet diabetes anda. Satu buah aprikot hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Makan empat aprikot segar sama halnya menyediakan lebih dari 50 persen dari kebutuhan vitamin A harian Anda. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata penderita diabetes.

Belimbing
Buah belimbing kaya akan vitamin C, serat, dan sejumlah vitamin A. Dari sebuah penelitian di Taiwan ditemukan fakta bahwa belimbing dapat menurunkah gula darah dan adanya kemungkinan digunakan sebagai buah untuk mengobati diabetes.  Sayangnya buah belimbing harus dihindari penderita diabetes yang mengalami gangguan pada ginjal karena kandungan asam oksalatnya.

Pisang
Mengkonsumsi satu buah pisang ukuran kecil akan memberikan 8 perser nilai harian kalium, salah satu mineral penting yang membantu mengontrol tekanan darah anda. Pisang juga memberikan 12 persen dari nilai harian untuk vitamin C dan 2 gram serat. Pisang salah satu buah dengan kandungan gula cukup tinggi, sebaiknya konsumsi pisang tanpa diolah dan pilih yang belum terlalu masak.

Buah Tin atau ara
Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah tin bagus untuk penderita diabetes. Pectin, serat larut yang terkandung dalam buah tin dapat membantu dalam mengurangi kolesterol darah. Selain itu, kandungan Kalium, Omega 3 dan Omega 6 pada buah ara membantu untuk menjaga tekanan darah dan serangan jantung koroner.

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun dalam mengkonsumsi buah, penderita diabetes harus tetap hati-hati mengenai kandungan gula dalam buah tersebut. Sebaiknya makan buah segar ketimbang dalam bentuk jus dan pilih buah yang belum terlalu masak untuk mengurangi kandungan gula dalam buah yang masuk ke tubuh anda.

Demikian artikel kami tentang buah-buahan untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment