Friday, May 18, 2018

Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda) untuk penderita diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang bisa ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Insulin membantu untuk mengangkut molekul glukosa dari aliran darah ke sel-sel di mana glukosa diubah menjadi energi atau disimpan sebagai energi cadangan. Diabetes terjadi ketika tubuh memproduksi insulin yang tidak mencukupi atau karena berkurangnya sensitivitas sel otot, hati dan lemak ke hormon.


Jintan hitam dan diabetes

Jintan hitam atau juga dikenal dengan nama habbatussauda (Nigella sativa) merupakan rempah rempah yang terkenal digunakan sebagai obat herbal berbagai penyakit sejak ribuan tahun lalu di Timur Tengah, India dan Pakistan. Saat ini supplemen habbatussauda dapat ditemukan dalam kapsul, bubuk dan minyak. Supplemen habbatussaauda biasa dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit, apakah benar jintan hitam bisa mengobati diabetes?

Manfaat Jintan Hitam untuk penderita diabetes

Dari berbagi penelitian manfaat jintan hitam untuk sembuhkan diabetes sejauh ini menunjukkan hal positif. Berikut adalah khasiat habbatussauda untuk diabetes dari berbagai studi ilmiah.

1.    Menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah

Sebuah studi peninjauan sistematis tahun 2015 tentang manfaat jintan hitam untuk diabetes dan lipid dilakukan dengan mencari database yang memenuhi syarat antara tahun 1995 hingga 2014. Hasil dari penelitian tersebut adalah jintan hitam berpotensi dapat menurunkan gula darah dan memperbaiki profil lipid. Potensi tersebut dipercaya karena adanya sifat antioksidan, serta efek pada sekresi insulin dan penyerapan glukosa.

2.    Meningkatkan sensitivitas insulin 

Resistensi insulin bisa menjadi gejala awal diabetes tipe 2. Resistensi insulin adalah di mana sel gagal memanfaatkan insulin yang tersedia. Sensitivitas insulin pada sel-sel menurun. Dari sebuah studi yang dilakukan sebuah universitas di Montreal, Kanada menunjukkan bahwa jintan hitam dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

3.    Minyak jintan hitam dapat mengurangi kerusakan sel beta pankreas

Sel beta pankreas memiliki fungsi penting pada tubuh. Fungsi utama sel beta pankreas untuk mensekresikan hormon insulin. Menurut sebuah studi dari Yuzuncu Yil University tahun 2003 mengungkapkan bahwa jintan hitam dapat mengurangi kerusakan sel beta di pankreas. 

4.    Minyak habbatussauda menurunkan resiko komplikasi penyakit jantung

Kolesterol yang menumpuk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Sebuah tinjauan mengenai 17 penelitian mengungkapkan bahwa jintan hitam dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat), serta trigliserida darah. Minyak habbatussauda diketahui memiki  efek yang lebih besar ketimbang bentuk bubuk. Hanya saja jintan hitam bubuk memberikan kolesterol baik (HDL) pada tubuh.

Efek Samping Penggunaan Jintan Hitam

Menurut Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, penggunaan dosis tinggi jintan hitam pada sebuah uji coba pada hewan menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Reaksi serupa mungkin juga terjadi pada manusia jika digunakan secara berlebihan.

Jika anda mengkonsumsi obat diabetes sebaiknya hindari penggunaan jintan hitam, kecuali jika anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Penggunaan obat dan herbal diabetes seperti habbatussauda secara bersamaan bisa mengakibatkan penurunan gula darah secara drastis sehingga mengakibatkan hipoglikemia.

Demikian artikel kami tentang manfaat jintan hitam (habbatussauda) untuk diabetes, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment