Wednesday, April 4, 2018

Teh Daun Sukun Sebagai Obat Herbal Diabetes dan Gangguan Ginjal

Diabetes merupakan sebuah penyakit kronis membutuhkan kontrol seumur hidup. Kontrol gula darah yang buruk bisa mengakibatkan berbagai komplikasi dengan penyakit lainnya, diantaranya adalah gangguan ginjal dan jantung. Jika penderita diabetes telah menderita komplikasi, maka pilihan pengobatan akan semakin sedikit dan sulit.


Daun sukun yang selama ini sering kita abaikan dan anggap remeh ternyata menyimpan manfaat luar biasa untuk obat diabetes dan gangguan ginjal serta kesehatan organ lainnya. Menurut McLean seorang ilmuwan barat menyatakan daun sukun mengandung senyawa seperti prenyl flavonoid telah dapat diisolasi, dan berpotensi mampu menurunkan kadar gula darah.

Teh Daun Sukun Sebagai Obat Herbal Diabetes dan Gangguan Ginjal
credit : Kowloonese @wikipedia

Mengobati diabetes dan gangguan ginjal dengan teh daun sukun

Menurut DR. Tjandrawati Mozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, uji khasiat baik secara in vitro ( menggunakan media) maupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut telah menunjukkan hasil sangat baik. Kesimpulannya, daun sukun bisa melindungi jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta. Berdasar penelitian LIPI (Tjandrawati) menunjukkan daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovasikular. Jadi teh daun sukun ini bisa digunakan sebagai obat herbal diabetes yang aman untuk ginjal bahkan menyehatkan jantung.

Untuk membuat teh daun sukun untuk obat diabetes dan ginjal, bisa anda membaca artikel kami sebelumnya Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Anti Diabetes. Jika anda tidak mau repot, seorang mahasiswa UGM sudah memproduksi teh daun sukun ini dan dapat beli di toko-toko online.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment